Penja Bawang Merah


Senin lalu saya ngiler banget liat resep Tumis Bawang di Dapur Manis punya mba Rina Audie. Kata mba Rina, Tumis Bawang ini lagi wara-wiri di grup masak Facebook beberapa hari terakhir ini dan mba Rina pun ikutan membuatnya juga.

Saya pun mengecek grup masak di Facebook saya dan ternyata benar kata mba Rina. Ada banyak sekali ibu-ibu yang membagikan Tumis Bawang buatan mereka. Saking banyaknya, sampai-sampai ada beberapa orang yang merasa keberatan dan meminta supaya anggota grup tidak lagi berbagi tentang Tumis Bawang. Ada juga tuh yang bilang "Itu kan resepnya pakai bawang merah yang banyak, apa tidak bau ketek?" Aduh, sampai segitunya. Ampun deh!

Berhubung tidak punya ikan teri dan rebon, sementara saya penasaran banget sama resep itu, akhirnya saya berpikir untuk menggunakan ikan Penja yang dibawa kak Adil dari kampung Senin kemarin.

Saya juga tidak menemukan terasi di dapur dan lagi malas keluar untuk membelinya sehingga saya hanya menggunakan bahan yang ada saja.


Namanya Penja Bawang Merah, itu artinya bahan dasarnya ya ikan Penja dan bawang merah. "Lho? Kok namanya diganti lagi? Kenapa bukan Tumis Bawang juga?" Ya iyalah. Soalnya, biar beda dari yang lain. Lagian menurut saya, Tumis Bawang itu nama yang kurang tepat. Mohon maaf nih bagi yang tidak sependapat dengan saya.

Mengupas bawang merah dalam jumlah yang lumayan banyak membuat saya tak kuasa untuk menahan air mata saya yang jatuh berlinangan. Hehehe...., lebay dikit nggak pa-pa kan?

Namun perjuangan untuk membuat Penja Bawang Merah ini sepadan kok dengan hasil akhirnya. Meskipun hanya dibuat dari bahan yang sangat sederhana tapi rasanya sungguh luarrr biasa. Rasanya rasa tambah lagi deh pokoknya sampai saya nyaris lupa diri dibuatnya. Andai tidak sadar, mungkin saya tidak akan bisa beranjak dari meja makan saking kenyangnya, hehehe.

Ingat! Hal yang baik sekalipun, bila berlebihan, akan menjadi tidak baik juga.

Ada yang ingin merasakan kedahsyatan makan nasi hangat dengan Penja Bawang Merah seperti saya? Yuk, baca resepnya! Setelah itu langsung dipraktekkan di rumah ya...


Penja Bawang Merah

Bahan:
Penja Asin sekitar 2 genggam
10 butir bawang merah
2 buah cabe rawit
Minyak secukupnya



Cara Membuat:
  1. Cuci bersih Penja, sisihkan.
  2. Bersihkan bawang merah dan iris-iris tipis.
  3. Potong-potong cabe rawit.
  4. Panaskan minyak lalu tumis bawang merah dan cabe rawit sampai layu.
  5. Masukkan penja dan aduk rata. Masak hingga matang. Matikan kompor.
  6. Penja Bawang Merah yang bikin gagal diet siap dihidangkan.


Oh iya, kalau tidak salah ini adalah resep olahan terbaru dari penja. Biasanya kan ditumis pake tomat dan kunyit, dimasak seperti Bau Peapi atau dipais. Jadi bagi teman-teman yang suka banget sama penja seperti saya, jangan lupa cobain resep ini ya...

Buat teman-teman lainnya yang lagi pengen masak tapi malas ulek-mengulek, nah ini nih resep yang pas. Dicoba ya! Semoga bermanfaat dan sesuai selera. Selamat mencoba. 😃


Salam,
Dapur Ima

Komentar

  1. Hahahah....akhirnya ketularan virus juga 😂😂😂 enak kan hihihi....

    Diriku bikin lagi nih pakai ikan cuwek keranjang. Tapi gak tau mau dipoto apa gak. Di Ciledug mendung gelap banget nih. Rada males mau poto poto

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mba Rina. Uueeennaaakkk banget ini. 👌👍

      Ikan cuwek? Baru denger nama itu, mba. Nanti saya cari di mbah Google deh, hehehe

      Hapus
  2. hai hai mba Ima...
    wah ini resep yang lagi booming ya..

    walaupun sederhana tapi enak nih kayaknya...yakin banget bisa ngabisin nasi kalau makan ginian..he he he..

    mba Rina... wah kalau pakai ikan cuwek mantap juga itu..jadi laper

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai... Hai... Mba Monic sayang...

      Tadi waktu liat notifikasi dan ada nama mba Monic, saya langsung meluncur ke MSK.

      Iya, mba, lagi booming. Kalo makan ini, baiknya jauh-jauh dari tempat nasi, hehehe

      Hapus
  3. Praktis ya kak,
    Akhir bulan gini cocok lauknya pake ini aja irit & murah meriah :-)
    Penasaran dengan rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Praktis banget, dinda.

      Penja itu, dimasak dengan cara apapun tetap sedap menurut saya.

      Iya, cocok banget jadi menu akhir bulan. Apalagi kalau harga bawang merah lagi tidak mahal seperti sekarang. Tapi katanya, harga penja lagi mahal tuh karena musim hujan.

      Dicobain ya... 😃

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung dan membaca tulisan di Dapur Ima, semoga bermanfaat. Khusus bagi komentar yang tidak sesuai dengan topik, mohon maaf karena saya akan menghapusnya.

Paling Banyak Dibaca

7 Bentuk Spuit Kue dan Hasilnya

Manfaat Minum Entrasol QuickStart

Ubi Rebus Keju