Telur Tomat Ekonomis


Selamat siang semuanya...
Selamat hari Senin.
Apa kabar nih?
Semoga semuanya sehat selalu ya. 😃

Tak terasa ya sudah akhir bulan dan dua hari lagi Januari akan meninggalkan kita. Nah, berbicara tentang akhir bulan, pasti teman-teman sudah ada yang kena kanker nih alias kantong kering.

Pada hari biasa mungkin bisa makan di luar dengan menu makanan yang cukup mahal atau yang suka masak bisa masak makanan enak dan istimewa menggunakan berbagai bahan pilihan. Tapi saat ini mulai berpikir keras untuk mengeluarkan uang untuk belanja.

Ini mah saya banget waktu masih kuliah dan kerja dulu, tinggal jauh dari orangtua. Awal bulan biasanya suka beli makanan di luar atau masak lauk yang enak-enak seperti ayam suir-suir, ayam kecap dan ikan sambel. Tapi ketika akhir bulan, bisanya cuma makan telur dadar, telur ceplok dan Nasi Goreng Super Praktis. 😄😁😀


Nah, resep yang akan saya bagikan hari ini adalah salah satu menu yang sangat cocok untuk kondisi keuangan akhir bulan yang sudah menipis karena hanya memerlukan bahan yang sederhana. Tapi hati-hati loh! Tempat nasinya jangan dekat-dekat, nanti malah tambah lagi dan lagi, hehehe.

Resep Telur Tomat Ekonomis ini hampir sama dengan resep Telur Tomat yang saya buat 17 Januari lalu. Bedanya, Telur Tomat kali ini saya buat menggunakan bawang merah dan cabe, bukan dengan bawang putih dan merica. Saya juga tidak pakai gula karena penasaran aja perbedaan rasanya seperti apa.

Berikut resepnya....

TELUR TOMAT EKONOMIS

Bahan:
1 butir telur
2 buah tomat, potong kotak
2 butir bawang merah, iris tipis
1 buah cabe keriting, potong miring
Garam dan minyak goreng secukupnya

telur, garam dan minyak gorengnya
ketinggalan, lupa difoto, hehehe


Cara Membuat:
  1. Panaskan sedikit minyak dan masukkan telur. Orak-arik sampai setengah matang. Angkat dan sisihkan.
  2. Panaskan minyak secukupnya lalu tumis bawang merah dan cabe sampai harum kemudian masukkan tomat dan aduk rata. Tunggu sampai berair.
  3. Masukkan telur, aduk rata.
  4. Tambahkan garam secukupnya dan aduk sampai rata lalu koreksi rasanya. Matikan kompor.
  5. Telur Tomat Ekonomis siap dihidangkan.

Pada penasaran tidak seperti apa rasanya? Menurut saya Telur Tomat yang saya buat hari ini lebih enak dari yang tempo hari. Mungkin karena ada sensasi pedasnya ketika mengunyah potongan cabenya. Tapi ini balik lagi kepada selera. Suka pedasnya cabe atau pedas merica.

"Eit..., tunggu dulu! Satu buah cabe menurutmu pedas?"
Iya. Saya kan bukan pemakan pedas. Jadi cabenya dikit aja. Tapi bagi teman-teman yang suka makan pedas seperti mba Monic, mau ditambahin cabe 20 buah juga bisa kok. Tanggung sendiri lho akibatnya, kepala dan telinga bisa berasap kata Sophie. 😀😁😄


Demikian tulisan saya hari ini dan semoga bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga sesuai selera. 😃

Salam,
Dapur Ima

Komentar

  1. Saya sukanya pedas sedang-sedang saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti lagu dong, mas.

      Yang sedang-sedang saja....

      Oooh.... Sedang-sedang saja.

      Hapus
    2. Maklum lemah lambung , cabe lagi mahal.

      Hapus
    3. Iya, kalo lemah lambung memang harus hati-hati dengan pedas, mas.

      Hapus
  2. Setujuuuu!!!
    Tapi kalau telur+tomat doang, ditangan saya jadi gak mungkin. Soalnya suka jail nambahin apapun di kulkas ke dalam adonan! Pasti ada aja yang kumasukin selain dari resep utama hihihi.

    Tapi saya bisa bayangin, gurihnya telor plus seger asemnya tomat. Tambah aroma bawang dan pedesnya cabe. Nikmat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, Bunga...
      Salam kenal dan makasih kunjungannya.

      Itu balik lagi ke selera dan kreatifitas. Mau tambah ini itu silakan. Saya juga sering begitu kok, hehehe

      Nikmat! Jadi pengen bikin lagi nih.

      Hapus
  3. Cocok buat anak kost yang belum dapet kiriman ini hehe
    Enak sih. Aku jg klo bikin telur dadar dicampur sama cabai,tomat,kol bawang, kadang kecap dan saos jg haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pesan deleveri kagak ya? Pesan satu lah. Datu mangkok :)

      Hapus
    2. Iya cocok banget, murah meriah, hehehe

      Telur dadar buatan mba Anggun belum ekonomis tuh. Telur dadar buatan saya itu kalo lagi kanker cuma telur dan garam doang, mba. Hehehe...

      Eh... Itu mas Bumi minta dibuatin telur dadar a la Anggun tuh. 😃

      Hapus
  4. Diiringi gerimis yang mengundang, melihat resep telur tomat ini, ada yanf bergemerincing di perut saya, pertanda apa ya? 😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanda mau hujan eh pertanda apa ya, kang?

      Ah..., kang Achman bisa aja nih. Di rumah pasti udah di masakin makanan enak sama bidadari surga kang Achman. Lebih enak dari sekedar telur tomat.

      Btw, baca gerimis mengundang jadi pengen nyanyi deh. Hehehe

      Hapus
    2. Sip mba.. Oh ya sekedar berbagi, mba ima udah bagus suka berbagi artikel teman di g+, resikonya artikel mba sendiri jadi tergeser ke bawah. Nah, saya kasih tips supaya artikel blog mbak tidak tergeser, caranya dengan pin ke profil artikel mba di g+ coba deh, dengan begitu, walau banyak ngeshare, artikel mba tetap ada di paling atas profil g+

      Hapus
    3. Wah, terimakasih banyak buat tipsnya, kang. Oh jadi gitu caranya? Maklum gaptek, seringnya baca-baca resep melulu, hehehe.

      Siap laksanakan.

      Hapus
  5. Duh jadi laper.
    Btw ini resep nya bener2 bermanfaat nih buat yg ngalami kondisi keuangan yg seret di akhir bulan.
    Resep nya mudah di praktek kan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laper? Makan dong! Hehehe...

      Terimakasih banyak bila resep ini disukai. Kalo Yogi udah praktek dan sesuai selera, kabarin ya...

      Hapus
  6. jadi penasaran sama rasanya, soalnya tomat itu kan asem, terus telur itu amis. tapi saya pernah coba bikin telur dadar campur tomat. enak juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, mas Masandi.
      Salam kenal dan terimakasih banyak atas kunjungannya.

      Dicobain, yuk!!!

      Telur tomat ini tidak asam, mas. Amisnya telur juga berkurang. Ini menurut saya loh. Kalau masih ragu, baiknya buktikan sendiri, heheh...

      Hapus
    2. Salam kenal juga, nanti saya request ke istri deh dan kalau udah coba saya kasih pendapat lagi

      Hapus
    3. OK, mas.
      Saya tunggu info selanjutnya.
      Terimakasih 🙏😃

      Hapus
  7. masakan begini walaupun simpel tapi enak neh...
    tapi lebih afdol kalau cabenya pakai cabe rawit merah yang banyak, berasap2 deh kepala dan telinga ha ha ha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagi tidak ada cabe rawit, mba. Adanya cabe keriting, ya udah pake itu aja.

      Sophie emang paling bisa deh, bikin kita ngakak, hehehe...

      Hapus
  8. Wa.. Sy suka telur di apain aja, hihi.. Yg sm tomat begini belum pernah nyobain,mba sy coba resepnya ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, mba Nia.
      Makasih kunjungan baliknya.

      Pencinta telur juga ya? Sama dong kita.

      Silakan dicoba, mba.
      Semoga sesuai selera. 🙏😃

      Hapus
  9. sangat sederhana dengan menu seperti ini sebagai anak kost pasti bisa dan mampu membuatnya sendiri apalagi ketika akhir bulan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, mang Lembu.
      Terimakasih banyak atas kunjungannya.

      Iya, mang. Ini menu sederhana yang semua orang bisa mencobanya.

      Hapus
  10. kalo sha biasanya tambah saos mbak, enak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tambah saos ya? Nanti saya coba juga ah. Makasih ya, Sha.
      Yang ini aja udah enak banget menurut saya.

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung dan membaca tulisan di Dapur Ima, semoga bermanfaat. Khusus bagi komentar yang tidak sesuai dengan topik, mohon maaf karena saya akan menghapusnya.

Paling Banyak Dibaca

7 Bentuk Spuit Kue dan Hasilnya

Manfaat Minum Entrasol QuickStart

Baking Powder dan Baking Soda