Postingan

Menampilkan postingan dari Februari, 2018

Kue Chocolatos Enak Anti Gagal Tanpa Mixer, Oven dan Timbangan

Gambar
Akhirnya, setelah kurang lebih 10 hari tidak berbagi resep, hari ini saya bisa berbagi resep lagi. Maunya sih, resep ini saya terbitkan tadi malam, tapi jaringan lagi maju mundur cantik karena sedang dilakukan penataan frekuensi di area saya dalam beberapa hari ke depan untuk peningkatkan kualitas layanan.

Masalah Ranjang dan Dapur

Gambar
Sebelumnya saya mohon maaf kepada teman-teman pembaca Dapur Ima yang sudah berkunjung ke sini untuk melihat resep terbaru karena saya belum bisa menampilkannya sampai hari ini.

Hati-hati Saat Berkomentar!

Gambar
Hai semuanya...
Ada yang bolak-balik ke sini tapi belum ada yang baru? Nih, saya kasih yang baru. Tapi bukan resep atau info seputar dapur ya, melainkan sebuah pengakuan dosa.

Beda Pisang Epe' dengan Pisang Peppe'

Gambar
Saya dapat ide menulis tentang ini dari mba Rina Dapur Manis. Tadi beliau komentar di Loka Peppe' dan bertanya seputar Loka Peppe'.

Loka Peppe'

Gambar
Hujan-hujan begini enaknya makan apa ya? Kalau saya yang ditanya seperti itu, saya pasti jawab dengan "pisang goreng". Kalau teman-teman suka makan apa saat hujan?

Roti Panggang a la Dapur Ima

Gambar
Dari kemarin hujan mengguyur Makassar nyaris tiada henti. Mungkin karena ingin menyambut Imlek kali ya? Gong Xi Fa Cai buat teman-teman yang merayakannya. Semoga hujan ini membawa berkah bagi kita semua.

Hari ini saya akan berbagi resep lagi setelah seminggu berlalu, yaitu resep kue tanpa nama yang beberapa hari terakhir ini menjadi perbincangan hangat para blogger. Apaan sih? Udah kayak gosip aja, hehehe.


Yang belum mengikuti atau membaca ceritanya bisa langsung klik tulisan berwarna biru ini, yaitu Namanya Apa ya?Ini Kata Mereka dan Kue Tanpa Nama.

Terimakasih banyak buat TRIKNEWS atas nama pemberiannya. Mohon maaf sebelumnya karena saya tidak bisa memberikan hadiah apa-apa kecuali ucapan terimakasih, terimakasih dan terimakasih.


Seperti yang saya katakan sebelumnya, kue ini bahannya mirip dengan resep Puding Roti Kukus dan saya masak seperti Kue Milo Praktis. Rasanya? Lumayanlah untuk jadi teman ngeteh atau ngopi. Tidak seperti pencarian namanya yang sungguh luar biasa hebohnya,…

Kue Tanpa Nama

Gambar
Wakakaka....
Saya mau tertawa terbahak-bahak dulu ye, pemirsa. Ternyata udah buanyaaak banget komentar yang masuk dari kemarin pada tulisan saya tentang Ini Kata Mereka.

Terimakasih banyak ya semuanya. Terimakasih atas kehadirannya di Dapur Ima. Terimakasih karena sudah sering membuat saya ngakak dengan komentar-komentar yang lucu dan terimakasih telah menjadikan Dapur Ima tempat ngerumpi yang asyik.

Okeh! Tanpa berlama-lama, saya akan mengumumkan bahwa saya memilih nama pemberian dari.....

Dari siapa ya?

Dari kamu. Iya, kamu.

Siapa sih?

Sepertinya asyik nih kalo kita ngeteh atau ngopi dulu sambil makan kue tanpa nama ini.

Woi.... Jangan bikin penasaran dong!

Jreng.... Jreng....

Saya pilih nama pemberian dari Mas....

Mas siapa?

Mas itu tuh pendatang baru di Dapur Ima.

Namanya saya tidak tahu, tapi beliau menggunakan akun bernama TRIKNEWS. Makasih banyak ya, mas. Menurut saya dari sekian banyak pilihan nama yang ada, nama pemberian mas TRIKNEWS inilah yang paling cocok dengan kue tanp…

Ini Kata Mereka

Gambar
Alhamdulillah akhirnya bisa berbagi lagi hari ini, berbagi larut malam pula. Ya meskipun bukan berbagi resep melainkan berbagi kasih sayang eh maksud saya berbagi cerita tentang sebuah makanan yang belum ada namanya.

Bagi teman-teman yang sudah membaca tulisan saya sebelumnya tentang Namanya Apa Ya? pasti sudah bisa menebak makanan apa yang saya maksud.

Jadi, Sabtu lalu saya bereksperimen kecil-kecilan di dapur. Saya mencoba membuat kue yang bahannya saya ambil dari resep Puding Roti Kukus dan cara memasaknya seperti Kue Milo Praktis.

Setelah kue tersebut jadi seperti foto di atas, saya malah kebingungan karena tidak punya nama yang pas untuknya. Lho? Ini gimana toh? Tidak biasanya saya kehilangan ide untuk nama makanan yang saya buat. Lagi mikirin apa sih, bu? Lagi mikirin kamu, hehehe.

Saya lalu dapat ide untuk bertanya pada semua orang melalui tulisan saya di Dapur Ima dan ternyata hasilnya sungguh di luar dugaan saya.

Ada banyak komentar yang masuk dan semuanya dari teman-teman b…

Namanya Apa Ya?

Gambar
Hai semuanya...
Selamat hari Minggu.
Liburan ke mana nih?
Di rumah aja ya?
Apapun kegiatan teman-teman hari ini, semoga semuanya indah dan menyenangkan.

Hari ini saya tidak berbagi resep dulu ya. Soalnya, kemarin habis bereksperimen di dapur dan saya bingung kue yang saya buat itu mau diberi nama apa? Ada yang bisa bantu saya tidak mencari nama yang pas untuk kue itu?

Kue itu bahannya terbuat dari roti tawar, krimer kental manis dan susu Ultra, mirip dengan bahan Puding Roti Kukus. Saya masak menggunakan pemanggangan roti dan atasnya saya beri taburan keju, meises dan kacang seperti Kue Milo Praktis.

Mau saya beri nama Kue Roti, tapi menurut saya terdengar tidak pas di telinga. Mau diberi nama Puding Roti juga tidak cocok. Kira-kira apa ya nama yang cocok dan terdengar indah di telinga?

Saya mohon masukan dan saran dari teman-teman semua ya. Terutama dari master koki mba Monic Monic's Simply Kitchen dan mba Rina Dapur Manis. Semoga aja mba Monic dan mba Rina melihat tulisan ini.

Penja Jo'jo'

Gambar
Hai semuanya...
Apa kabar di hari Jum'at ini?
Semoga semuanya sehat dan bahagia selalu ya.

Alhamdulillah hari ini saya bisa berbagi resep praktis lagi meskipun resep yang akan saya bagikan kali ini akan terdengar asing di telinga teman-teman Dapur Ima yang rata-rata berasal dari luar Sulawesi Barat.

Tapi ada satu orang nih yang mungkin sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Ada teman blogger yang baru kenal beberapa hari terakhir ini yang ternyata berasal dari Sulawesi Barat juga, yaitu admin blog Belum Ada Niche.

Kalau bukan karena tulisan saya kemarin yang judulnya bikin banyak orang penasaran, mungkin saya belum tahu kalau tertanya pemilik blog Belum Ada Niche itu adalah orang Mandar.

Wah! Nggak nyangka deh. Baru kali ini ketemu blogger sekampung. Jadi bisa saling komentar pake bahasa daerah seperti komentar Mang Lembu dengan Kang Achman yang suka bikin saya pusing ketika melihatnya.

Kembali ke resep Penja Jo'jo' ya. Duh, ketik judulnya agak ribet nih. Ad…

Dapur Ima Difitnah

Gambar
Hai semuanya...
Apa kabar di hari Kamis manis ini?
Ada yang lagi cemberut tuh sepertinya.
Jangan cemberut dong! Ntar cakepnya hilang lho, hehehe...

Hari ini saya belum berbagi resep dulu ya. Soalnya, ada yang wajib tayang di sini dari kemarin tapi saya bingung mau ngasih judulnya apa. Ya udah, saya beri judul begitu saja.

Senin lalu saya dikejutkan oleh pemberitahuan Google+. Ada Blogger Misterius yang membagikan tulisan berjudul "Dapur Ima Bagi-bagi Kue Ulang Tahun Gratis. Ada yang Berminat?".

Waduh! Apaan ini?
Saya pun segera meluncur ke TKP untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi. Saya takut ini jadi fitnah dan merusak reputasi Dapur Ima.

Sesampainya di sana, saya yang tadinya merasa cemas karena takut ada yang salah paham dengan tulisan itu malah jadi tertawa terbahak-bahak. Wakakaka.....

Penasaran?
Yuk langsung ke TKP.

Buat kang Jet Li, makasih banyak ya.
Mohon maaf bila judulnya kurang berkenan di hati.

Salam,
Dapur Ima

Target 2.000 Penayangan Perhari Dapur Ima

Gambar
Hai semuanya...
Selamat pagi!
Apa kabar di hari Rabu ini?
Tidak kelabu kan?
Semoga kita semua selalu dalam lindungan-Nya, sehat dan bahagia selalu.

Bulan lalu, pada tulisan saya yang berjudul Terimakasih Semuanya saya menuliskan bahwa penayangan Dapur Ima mengalami peningkatan, itupun masih di bawah 1.000 penayangan perhari.

Setelah mendapatkan masukan, bantuan dan promosi dari mas Djangkaru Bumi (terimakasih banyak ya, mas), penayangan perhari Dapur Ima semakin meningkat dan nyaris mencapai 1.000 penayangan perhari. Masih sangat jauh jumlahnya dari penayangan blog beliau yang katanya 3.000an perhari. Wow!!! Angka yang sangat luar biasa menurut saya.

Nah, kemarin saya habis baca artikel menarik di blognya mas Masandi Wibowo tentang impian beliau meningkatkan jumlah penayangan perhari di blognya.

Artikel menarik tersebut berhasil menarik saya bagaikan magnet, sehingga saya langsung ingin menerapkannya juga di blog saya. Mas Masandi, saya nyontek ya? Terimakasih banyak sebelumnya.

Saya…

Kue Milo Praktis

Gambar
Hai semuanya...
Selamat hari Senin.
Semoga di awal minggu ini kita semua sehat dan bahagia selalu.

Seperti biasa Dapur Ima akan berbagi resep yang praktis dan ekonomis. Kali ini resepnya adalah Kue Milo Praktis yang resepnya saya lihat di Cookpad Kue Milo 3 Bahan dari mba Na Haryanti. Terimakasih banyak mba Na Haryanti buat resepnya.

Kue Milo Praktis ini sudah dua kali saya coba. Percobaan pertama hari Rabu lalu dan saya membuatnya sama persis dengan resep aslinya yaitu dikukus.


Beberapa jam yang lalu saya membuatnya lagi. Tapi kali ini saya memasaknya menggunakan alat pemanggang roti.

Awalnya saya panggang polos saja tanpa taburan apapun, tapi tiba-tiba saya ingat ada kacang yang sudah saya cincang di kulkas. Wah! Bisa dijadikan taburan nih. Akhirnya jadi deh Kue Milo Praktis dengan taburan kacang dan polosan.

Teman-teman ingin mencoba resep ini tapi tidak punya alat pemanggang roti? Tenang! Adonannya bisa kok dipanggang dalam oven, wajan datar anti lengket (teflon) atau dikukus. Se…

Spam Dapur Ima

Gambar
Hai, semuanya...
Sehat kan?
Ada yang sakit?
Semoga yang sedang sakit cepat sembuh ya.

Hari ini saya tidak akan berbagi resep dulu soalnya belum ada yang bisa ditampilkan. Ada sih sebenernya, tapi belum layak publikasi dan harus saya coba kembali agar bisa saya publikasikan di sini.

Kali ini saya akan membahas tentang isi Spam Blog Dapur Ima yang baru saya buka tadi sehabis baca komentar dari mas Bumi di resep Puding Roti Kukus. Makasih ya, mas. Mas Bumi telah mengajarkan hal baru lagi buat saya hari ini dan sangat bermanfaat.

Sejak pertama punya blog ini, saya baru buka tuh yang namanya spam. Saya pikir tidak ada apa-apa di sana. Eh..., ternyata isinya banyak banget. Salah satunya komentar mba Rina yang kata mba Rina suka hilang.


Sudah beberapa kali saya dapat komentar dari mba Rina pemilik blog Dapur Manis, bahwa komentarnya selalu hilang. Sebelumnya, ada salah satu komentator setia Dapur Ima dari Medan yang bernama mba Rini yang juga sering mengalami hal itu.

Saya tidak tahu menahu…

Puding Roti Kukus

Gambar
Hai... Hai...
Selamat siang semuanya.
Selamat datang Februari.
Semoga di bulan ini kita semua sehat, bahagia dan sukses dalam hal apapun.