Telur Dadar Renyah


Lagi penasaran sama telur crispy. Rasanya seperti apa ya? Akhirnya saya pun mencari resepnya dan ternyata sudah ada ribuan orang yang mencoba telur crispy di Cookpad. Wow! Angka yang sangat fantastis. Jadi makin penasaran deh dibuatnya.

Seperti biasa dan seperti orangnya, heheh, saya mencari resep yang praktis. Lalu saya pun memutuskan untuk mencoba resep dari Vemale.com "Telur Crispy 3 Bahan". Sebenarnya bukan 3 bahan sih, tapi 4 bahan, yaitu telur, tepung bumbu, air dan minyak goreng.


"Kok judulnya jadi telur dadar renyah?"
Biar beda aja dan lebih Indonesia, hehehe...

Ini bikinnya tadi siang, tapi fotonya sore-sore karena saat menggoreng telur, teman saya datang. Untung saja saya sempat mencicipi satu potong telur dadar yang masih hangat.

Berikut resepnya...


Telur Dadar Renyah

Bahan;
2 butir telur
Tepung bumbu serbaguna secukupnya
Air secukupnya
Minyak secukupnya



Cara Membuat:
  1. Kocok lepas telur dan buat telur dadar tipis-tipis. Setelah matang dan agak dingin, potong-potong telur sesuai selera. Sisihkan.
  2. Bagi tepung bumbu serbaguna menjadi dua bagian untuk tepung basah dan kering. Untuk tepung basah, tambahkan sedikit air (tidak terlalu cair) dan aduk hingga rata.
  3. Panaskan minyak lalu celupkan telur pada tepunh basah kemudian gulingkan pada tepung kering.
  4. Goreng hingga matang. Angkat dan tiriskan. Matikan kompor.
  5. Telur Dadar Renyah siap disajikan dengan cocolan saus cabe.

Telur dadar ini sangat renyah ketika masih hangat, tapi ketika sudah dingin kerenyahannya berkurang. Jadi, sajikanlah telur dadar ini dalam keadaan masih hangat agar rasanya mantap.


Akhirnya saya tidak penasaran lagi sama Telur Dadar Renyah ini. Kalau disuruh memilih nih ya, saya lebih suka telur dadar biasa daripada yang ini karena telur dadar biasa lemaknya tidak terlalu banyak. Satu lagi, olahan seperti ini, membuat minyak goreng jadi cepat kotor. 😦

Semoga bermanfaat ya...

Salam,
Dapur Ima

Komentar

Paling Banyak Dibaca

Baking Powder dan Baking Soda