Rabu, 03 Januari 2018

Puding Roti Choco Chips


Meskipun berdiri masih bungkuk, jalan masih tertatih dan perut ini masih terasa nyeri, saya tetap berusaha untuk membuat camilan sendiri. Yah, mungkin bisa dibilang saya ini bandel, masih sakit tapi sudah bergulat lagi di dapur. Tapi begitulah saya, selama bisa melakukan apapun sendiri, saya akan melakukannya, terutama soal masak-memasak karena saya lebih menyukai masakan saya sendiri.

Kemarin sore saya mencoba membuat puding. Sudah lama pengen makan puding cokelat dan kebetulan punya roti yang sudah mendekati masa kadaluarsa. Akhirnya saya keluar beli agar-agar di toko sebelah rumah. Duh, benar-benar bandel deh, pake keluar rumah segala, kalau sakit lagi baru tahu rasa.


Berhubung tinggal di rumah sepupu dan sepupu saya itu lagi ke Mandar karena ada acara keluarga, saya membuat puding dengan peralatan seadanya. Saya tidak melihat tempat timbangan sehingga takaran gulanya saya kira-kira saja sesuai selera.

Puding yang saya buat kali ini hasilnya kurang memuaskan dari segi tampilan karena bagian atasnya retak seperti habis terkena gempa, tapi kalau soal rasa, puding ini sudah pas di lidah saya. Pudingnya padat berisi sehingga makan sepotong saja sudah bikin perut kenyang, hehehe.

Bagi teman-teman pencinta puding cokelat, resep sederhana ini layak untuk dicoba di rumah. Bila ingin permukaan pudingnya mulus dan tidak terlalu padat, airnya bisa ditambah sedikit. Berikut resep praktisnya...


Puding Roti Choco Chips

Foto-foto kali ini
amat sangat ala kadarnya
berhubung tangan ini masih tremor
dan ruang gerak masih terbatas
Harap maklum

Bahan:
1 bungkus Agar-agar biasa @7g
1 bungkus Sari Roti Choco Chips
600 ml air
Gula pasir sesuai selera

Cara Membuat:
  1. Bagi roti menjadi beberapa bagian lalu masukkan ke dalam blender kemudian tambahkan air dan proses sampai halus.
  2. Masukkan agar-agar ke dalam panci, tambahkan campuran roti dan gula pasir kemudian aduk rata.
  3. Masak dengan api sedang sambil diaduk-aduk sampai mendidih. Matikan kompor.
  4. Siapkan loyang dan basahi dengan air matang.
  5. Tuang adonan ke loyang/wadah yang telah disiapkan dan dinginkan.
  6. Setelah dingin, puding siap dipotong dan dihidangkan.


Bagaimana, mudah banget kan membuat puding ini? Selamat mencoba ya dan semoga sesuai selera.

Salam,
Dapur Ima

2 komentar:

  1. Udah lama nggak makan puding. Lihat ini kok jadi pengen ya..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sini, Ndi...
      Masih ada kok di kulkas, heheheh...

      Hapus

Terimakasih banyak telah berkunjung dan membaca tulisan di Dapur Ima, semoga bermanfaat. Khusus bagi komentar yang tidak sesuai dengan topik, mohon maaf karena saya akan menghapusnya.