Bolu Paranggi Mandar


Semalam, kakak sepupu saya sudah balik dari Mandar dan membawa banyak oleh-oleh, salah satunya Bolu Paranggi.

Bolu Paranggi adalah salah satu jajanan tradisional Sulawesi. Sulawesi apa tepatnya, saya tidak tahu. Ada yang bilang kue ini dari Bugis, ada juga yang bilang kue ini dari Mandar. Pokoknya dari Sulawesi, itu aja, hehehe.


Bolu Paranggi ini terbuat dari terigu, gula merah, air dan pengembang. Cara memasaknya menggunakan cetakan khusus lalu dipanggang dengan bara api,  bukan memakai kompor.

Tekstur Bolu Paranggi ini agak padat tapi lembut. Warnanya kadang cokelat gelap atau terang sesuai dengan warna gula merah yang digunakan. Saya sangat menyukai Bolu Paranggi yang baru matang, apalagi bila sedikit gosong, uuuhhhh...., mantap banget deh rasanya.


Nah, demikian info seputar Bolu Paranggi, semoga bermanfaat dan yang penasaran seperti apa rasanya, sini, sini! Di sini masih ada banyak, hehehe.

Salam,
Dapur Ima

Komentar

  1. Ini nih yang disukain dari blog mbak ima... jadi tau makanan khas daerah lain walopun jauuhhhh.... jauh di mata dekat di hati ya mbak... hehehe tetep semangat berbagi ya mbak. Salam sehat selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, mba Yulia...
      Makasih ya, mba udah sering main ke Dapur Ima. Seneng banget deh, jadi pengen ngeblog tiap hari, hehehe...

      Salam sehat selalu juga. 😃

      Hapus
  2. Kalo bisa sertakan resep mb..biar semua bisa mencoba kue khas sulbar..😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, mba Waty.
      Salam kenal dan terimakasih atas kunjungan serta komentarnya.

      Saya belum pernah buat sendiri, mba. Jadi belum ada resepnya. InsyaAllah nanti saya sertakan resepnya bila saya sudah mencoba membuatnya. 😊

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung dan membaca tulisan di Dapur Ima, semoga bermanfaat. Khusus bagi komentar yang tidak sesuai dengan topik, mohon maaf karena saya akan menghapusnya.

Paling Banyak Dibaca

Baking Powder dan Baking Soda