Roti Bolu Cokelat Lembut


Teman-teman pembaca Dapur Ima ada tidak yang suka buat roti tapi tidak kuat menguleni adonan? Atau berniat bikin bolu tapi tidak punya mixer dan tidak kuat mengocok manual? Kalau iya, maka resep yang akan saya bagikan kali ini layak untuk dicoba di rumah. Dijamin deh tidak bakalan capek menguleni atau mengocok adonan. Apalagi bila teman-teman hanya membuat setengah resep dari yang saya tuliskan di bawah.


Sebelumnya saya sudah pernah membuat Roti Bolu Cokelat yang sangat nyoklat tapi teksturnya agak keras bulan Mei lalu. Nah, kali ini saya membuatnya lagi dan tentu saja yang ini lebih lembut karena menggunakan terigu protein tinggi dan gula dalam jumlah yang lebih banyak dari resep sebelumnya. Penasaran dengan resep roti bolu tanpa telur, tanpa mixer, tanpa ulen dan hanya menggunakan sedikit lemak ini? Berikut resep praktisnya.

ROTI BOLU COKELAT LEMBUT

Bahan:
400 ml air hangat
2 sendok teh ragi instan

450 g terigu protein tinggi
200 g gula pasir
50 g cokelat bubuk
1 sendok teh garam
2 sendok makan (30 ml) minyak

Margarin secukupnya


Cara Membuat:
  1. Siapkan loyang cincin dan olesi dengan margarin. Sisihkan.
  2. Larutkan ragi dengan air hangat dalam sebuah wadah dan diamkan sampai berbuih selama 5 sampai 10 menit.
  3. Campur rata terigu, gula pasir, cokelat bubuk dan garam dalam sebuah wadah lain yang agak besar.
  4. Tuang larutan ragi ke dalam campuran terigu dan aduk rata menggunakan sendok nasi atau sendok kayu.
  5. Tambahkan minyak dan aduk sampai rata (ternyata saya belum kuat mengaduk adonan sebanyak dan seberat ini, jadi saya minta tolong sama Mama untuk mengaduknya. Terimakasih banyak, Mama 😍).
  6. Sendok adonan ke dalam loyang dan ratakan permukaannya.
  7. Tutup wadah dengan penutup panci atau apa saja dan diamkan sampai adonan mengembang dua kali lipat. Berhubung cuaca kemarin lagi mendung, adonan saya diamkan selama satu jam.
  8. Setelah satu jam, panggang adonan dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya sampai matang atau sekitar 30 sampai 35 menit. Lama memanggang disesuaikan dengan oven masing-masing ya.
  9. Setelah matang, keluarkan kue dari loyang dan potong-potong ketika sudah agak dingin.
  10. Roti Bolu Cokelat Lembut a la Dapur Ima siap dihidangkan.


Sangat mudah bukan membuat roti bolu cokelat ini? Dan yang paling penting hasilnya sangat memuaskan menurut saya. Teksturnya sangat lembut dan rasanya rasa tambah lagi. Orang mungkin akan mengira ini bukan roti tapi bolu. Maksudnya? Bagi orang awam, ia akan berpikir ini adalah bolu cokelat. Tapi bagi pencinta roti dan bolu, pasti tahu kalau ini adalah roti, roti yang berbentuk bolu. Itulah sebabnya resep seperti ini saya beri nama roti bolu.

Oh iya, meskipun saya mengatakan bahwa roti bolu ini rasanya rasa tambah lagi, tapi masih ada yang bilang rasanya kurang manis, padahal gulanya sudah saya tambah lho. Hmm..., yang namanya selera memang beda-beda ya? Tapi menurut saya roti bolu ini sudah manis, kalau gulanya ditambah lagi malah tidak akan terasa cokelatnya dan bisa bikin diabetes. Ini menurut saya loh ya, sang pencinta cokelat, heheheh.


Nah, demikian tulisan saya kali ini dan semoga bermanfaat. Selamat mencoba bagi teman-teman yang ingin mencobanya dan semoga sesuai selera. 😃

Salam,
Dapur Ima

Komentar

  1. Balasan
    1. Ini bikinnya dua adonan, mba, jadi montok dan tinggi.
      Iya, mba, rotinya lembut meski tanpa telur, susu dan lemaknya sedikit. Cobain deh, mba.

      Hapus
  2. Mengembang cantik roti bolu coklat ini, jadi pengen minta sepotong dua potong he he he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah habis tadi subuh, mba. Heheheh....

      Mba Monic tumben nih blog walking subuh-subuh. Saya sampai kaget liat komentar mba Monic pagi-pagi.

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung dan membaca tulisan di Dapur Ima, semoga bermanfaat. Khusus bagi komentar yang tidak sesuai dengan topik, mohon maaf karena saya akan menghapusnya.

Paling Banyak Dikunjungi

7 Bentuk Spuit Kue dan Hasilnya

Kue Milo Praktis