Roti Bolu Buah Naga


Akhirnya saya bisa melihat dari dekat, meraba dan merasakan seperti apa buah naga itu.
"Wkwkwkwk...., dari mana aja, bu? Di pasar kan ada banyak yang jual buah naga."
Iya sih, tapi baru kali ini saya melihatnya. Itupun karena dibeliin adik saya, Khalil. Terimakasih banyak ya adikku sayang.

Kesan pertama melihat buah naga, wow..., buah yang cantik dan semoga rasanya juga manis. Tapi ternyata rasanya tawar, pemirsa, sehingga saya hanya makan sedikit saja. Padahal buah naga itu buah yang sangat bagus dan baik untuk kesehatan. Kata Khalil, kulitnya terlalu tebal sehingga rasanya tidak manis. Kapan-kapan deh saya coba lagi, siapa tahu beruntung dapat yang rasanya manis.


Nah, karena tidak bisa menikmati buah naga dalam bentuk aslinya, saya langsung berpikir untuk membuatnya jadi campuran kue dan kue yang paling mudah untuk dibuat menurut saya adalah roti bolu. Roti bolu lagi, lagi-lagi roti bolu, heheheh.

Tadi pagi saya pun membuat roti bolu buah naga. Saya hanya menggunakan satu buah naga yang sebagian isinya sudah dimakan kakak saya, Abid, kemarin sore. Saya menggunakan resep yang mirip dengan Roti Bolu Kacang Hijau tapi kali ini saya tambah jumlah terigunya menjadi 250 gram. Penasaran dengan resep kue buah naga tanpa telur, tanpa ribet a la Dapur Ima? Berikut resepnya...


Roti Bolu Buah Naga
Hasil modifikasi sendiri

Bahan:
100 ml air hangat
1 sendok teh ragi instan

200 g buah naga, haluskan
120 g gula pasir
1/2 sendok teh garam
1 sendok makan (15 ml/10 g) minyak
250 g terigu protein sedang

Margarin secukupnya


Cara Membuat:
  1. Siapkan loyang cincin dan olesi dengan margarin. Sisihkan.
  2. Campur ragi dengan air hangat dalam sebuah wadah dan aduk sampai rata kemudian diamkan sampai berbusa selama 5 sampai 10 menit.
  3. Dalam wadah lain, campur buah naga, gula, garam, minyak dan aduk rata dengan sendok nasi.
  4. Tuang larutan ragi ke dalam campuran buah naga dan aduk rata.
  5. Tambahkan terigu dan aduk hingga rata.
  6. Masukkan adonan ke loyang dan tutup loyang dengan penutup panci kemudian diamkan hingga mengembang menjadi dua kali lipat. Tadi saya diamkan selama satu jam.
  7. Setelah adonan mengembang, panggang dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya sampai matang.
  8. Setelah matang dan agak dingin, keluarkan kue dari loyang dan potong sesuai selera.
  9. Roti bolu buah naga dengan warna yang cantik siap dihidangkan.


Saat memanggang roti bolu ini, gas tiba-tiba habis dan saya pun segera menggantinya. Tapi seperti biasa, kompor dan gasnya berulah lagi. Setiap kali diganti pasti selalu bermasalah. Entah harus ganti karet, selangnya dibanting-banting atau dipukul-pukul, sampai harus ganti regulator. Ampun deh! Saya lalu mencoba ganti karet dan memukul-mukul selang kompor tapi hasilnya nihil. Waduh! Gimana ini? Roti bolunya bisa bantet nih?

Akhirnya saya panggil kakak saya, Abid, dan memintanya memindahkan gas ke rumah depan. Kebetulan gas di rumah depan juga habis tadi pagi. Alhamdulillah bisa langsung menyala ketika di pasang. Jadi, saya pun lanjut memanggang roti bolu di rumah depan sambil nonton TV.


Bagian atas roti bolu buah naga ini warnanya sangat cantik, nyaris tidak berubah seperti adonan sebelum dipanggang dan ketika dibalik, warnanya pun tak kalah cantik. Saya suka, suka banget dan alhamdulillah tidak terpengaruh sama gas yang tiba-tiba habis tadi.

Trus rasanya gimana? Menurut saya rasanya enak, tidak terasa buah naganya, ada kriuk-kriuk dari biji buah naga dan rasanya sangat manis. Ini karena saya menambahkan terlalu banyak gula tadi, kalau selera saya, 100 gram gula pasir mungkin sudah pas di lidah saya, heheheh.


Demikian tulisan saya tentang roti bolu buah naga kali ini, semoga bermanfaat dan sesuai selera. Selamat mencoba. 😃

Salam,
Dapur Ima

Komentar

  1. Paling males emang klo dah pasang gas...selalu aja ada masalah ya mba.
    BTW enak kyknya tu kue nya. Comot ahh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mba. Gas di rumah sepertinya selangnya yang bermasalah karena begitu ketemu kompor lain langsung nyala kok.
      Bayangin aja, mba. Tadi kakak saya, yang pernah kerja jadi sales kompor gas aja kewalahan dan butuh waktu lama memperbaikinya.

      Silakan, mba Rini. Masih banyak tuh di meja. Masih bisa dijadikan sarapan besok pagi sambil ngeteh, heheheh...

      Hapus
  2. cantik roti bolunya mba Ima, mau juga donk
    ahai baru coba buah naga ya mba..
    memang rasanya tawar, untung-untung ketemu yang manis, malah ada juga yang tawar asam..
    tapi kalau sudah ketemu yang manis rasanya betah nyemilin buah naga
    walaupun manisnya sangat jauh dari manis pisang atau mangga he he he..

    kalau masalah gas, sekarang saya enak nih mba, ga gonta ganti gas lagi, di rumah sudah pasang gas dari PGN, jadi tiap bulan tinggal bayar tagihan saja, sudah kayak listrik dan air he he he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sini, mba Monic, kita makan bertiga, heheheh...

      Oh gitu ya, mba. Untung kemarin buah naganya tidak tawar asam. Ngomongin asam jadi terasa asam beneran nih padahal nggak makan apa-apa.

      Oh...., yang pakai selang itu ya, mba? Bagus dong. Di Sulawesi sepertinya belum ada, mba.

      Hapus
  3. Wah saya suka banget buah naga, dimakan begitu saja enak Mba. Kalau lagi musim, toko buah sebelah kantor jual buah yang manis banget rasanya, kalau lagi sale kita setiap hari dikantor makan buah naga wakkakakka. Soalnya 1 buah saja kenyaaang. Blum pernah terpikir buat kue, tapi bagus juga hasilnya Mba. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, asyik tuh, mba. Kapan-kapan mau coba beli juga, siapa tahu dapat yang manis.

      Iya, mba. Warna kuenya jadi cantik dengan warna alami buah naga. Mba Endang coba juga deh buat kue dari buah naga.

      Hapus
    2. Hai mba..
      Saya dulu pernah bikin kue buah naga mb..tapi dikukus.. Resepnya ngarang sendiri.. Hehe.
      Daan.. Hasilnya... Sangat tidak terduga..
      Kuenya jadi berwarna kuning bukan merah.. 😅 Haha..
      Lucu deh si buah naga ini.. Kalo di oven dia masih berwarna merah tp kalo dikukus entah kenapa merahnya jadi luntur.. Hehe.

      Btw sy juga sering dapet buah naga manis lho mbaa... Enak banget deeh..apalagi kalo dimakan dingin2.. 😍

      _arum_

      Hapus
    3. Hai mba Arum. Maaf temo hari salah sebut nama, saya pikir nama mba, Aiee. Nama yang unik pikir saya waktu itu.

      Oh ya? Kok bisa begitu? Jadi penasaran bikin yang dikukus juga.

      Masa sih? Berarti emang saya yang kurang beruntung nih dapat buah naga yang rasanya tawar, heheheh

      Hapus
    4. Haha.. Gpp kok mba.. Sy maklum..
      Saya aja yg kurang kerjaan, nama arum diplesetin jadi Aiie Yumz.. Haha.
      Maklum waktu bikin nama Aiie Yumz ini dulu wakru masih ababil.. Hihi.
      Tp gak tau kenapa, suka aja sih dg nama Aiie Yumz ini..hehe.

      Iya..sy juga waktu itu terkaget2 dg hasilnya.. Hehe.coba aja mba.. :)

      Hapus
    5. Hahahah..., jadi ngakak deh baca sejarah Aiie Yumz. Nama yang unik menurut saya.

      InsyaAllah kapan-kapan saya coba ya, mba.

      Hapus
  4. Yaaah sayang ya buah naganya pas nggak manis..
    padahal kalo dapat yang manis enak banget buah naga..saya kadang sampe nggak bisa berhenti makan buah naga kalo pas dapet yang manis..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar mba Noriko bikin saya tambah penasaran deh gimana rasanya buah naga yang manis itu. Yang sisa satu kemarin malah dimakan sama adikku lagi. Dia suka aja tuh meskipun rasanya tawar begitu, heheheh.

      Hapus
  5. bikin laper, padahal hari ini sha puasa. hehehe salah timing bw nya yaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh! Maaf, Sha. Selamat menjalankan ibadah puasa ya. Kalau lagi puasa mungkin bw di food blog ditunda dulu biar tidak tergoda, heheheh

      Hapus
  6. Oh jadi buah naga juga bisa di buat roti ya mbak @Sitti ? Kapan2 ah aku suruh adik buat bikinin roti buah naga, kebetulan di samping rumah ada pohon buah naga dan buahnya banyak kalau lagi musim.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mas Jen. Buah naga bisa dibikin roti, puding, cake, dll. Tapi kalau rasanya manis, mending langsung dimakan aja, mas.

      Wah, punya kebun buah naga ya? Andai dekat, saya bisa minta dong. Hehehe... Soalnya masih penasaran sama rasanya karena yang saya buat roti bolu ini rasanya tawar, mas.

      Hapus
  7. Duh warna roti nya bikin gemess, pengen segera ngunyah aja bawaan nya :D

    Btw sekarang buah naga banyak ya penjual nya, di pinggir2 jalan juga banyak sekali, tidak seperti dulu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...
      Masa sih?
      Sukses dong saya bikinnya, hehehe.

      Iya sudah banyak sekarang. Padahal dulu susah banget nyarinya.

      Hapus
  8. aku catat aku catat
    tak kasih ke adekku biar dibuat
    buah anga emang banyak manfaatnya
    mbak ima kreatif euy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga adeknya mas Ikrom sukses ya bikin kuenya dan rasanya sesuai selera.

      Seneng deh kalo resep ini ada yang suka.
      Makasih banyak ya. 🙏😃

      Hapus
  9. bener buah naga dibuat kue..rasanya aneh g???^^
    jd penasaran.. kirimin napa...^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener dong. Itu buktinya.
      Rasanya enak, kan buatan sendiri. Hehehe...
      Tidak terasa buah naganya sama sekali. Tapi ada kriuk-kriuk dari bijinya. Pasti mas Juni tidak baca tuh tulisanku di atas. Udah dijelasin juga. 😕

      Kirim?
      Ogah!
      Kalau mau. Ambil sendiri ya di rumah. Hahaha....

      Hapus
  10. Mbak imah kemana aja woi? Baru pernah merba dan pegang buah naga.. Hissss
    Aku juga nggak suka buah ini mbak, rasanya anyep gitu, kaya hidupkuuuu yg tiap hari nginget2 kenangan bareng mantan. Bahahaha
    Boleh nih kapan2 aku coba bikin bolu pke buah naga, pengin ngrasain kue yg ada kryuk2nya.. Wkwkk
    Takaran gulanya ku kurangi, drpd kemanisan, cukup mukaku aja yg kemanisan mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buah Naga seperti mantan?
      Hahahahaha....
      Mba Ella tuh ya, nggak di sini, nggak di sana, bawa-bawa mantan mlulu. 😁

      Silakan dicoba, mba.
      Iya gulanya dikurangi aja biar nggak kemanisan seperti wajah mba Ella.
      Tapi, selera manis saya di bawah rata-rata loh, mba.
      Alasannya sama. Karena aku sudah manis. Hihihi...

      Hapus
  11. aku lihat foto-fotonya bikin ngiler.. kebayang kan rasanya bolu rasa buah naga itu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, Koh Huang.
      Salam kenal dan terimakasih banyak atas kunjungannya.

      Ini kue Buah Naga tapi nggak berasa buah naganya, Koh. Cuma menyumbang warna dan kriuk-kriuk dari bijinya.

      Hapus
  12. Wahh enak kak imabmmng pintar dalam segala hal apa lgi soal bikin" kue

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih belajar ja juga ini, dek. Terimakasih.

      Tawwa, napake mi akunnya.

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung dan membaca tulisan di Dapur Ima, semoga bermanfaat. Khusus bagi komentar yang tidak sesuai dengan topik, mohon maaf karena saya akan menghapusnya.

Paling Banyak Dibaca

7 Bentuk Spuit Kue dan Hasilnya

Manfaat Minum Entrasol QuickStart

Ubi Rebus Keju