Kue Cubit Hias Cokelat


Kemarin pagi saya membuat kue cubit ini untuk disuguhkan kepada tukang yang masih bekerja di rumah karena Mama kehabisan kue ketika pergi membelinya di penjual kue dekat rumah. Tampilannya mirip sama Buroccong yang saya bagikan Rabu lalu, soalnya tidak punya meises ataupun cokelat keping.

Kue cubit adalah kue yang sangat praktis untuk dibuat dalam keadaan seperti ini. Itu sebabnya saya memilih menggunakan baking powder sebagai pengembangnya karena bila menggunakan ragi, adonan harus difermentasikan terlebih dahulu dan memakan waktu yang lama. Berikut resepnya...



KUE CUBIT HIAS COKELAT
Hasil 22 kue cubit

Bahan:
250 g terigu protein sedang
75 g gula pasir
1 bungkus Dancow (27 g)
1 sendok teh baking powder (BPDA)
1/2 sendok teh garam
300 ml air
15 g margarin

Cokelat batang secukupnya potong-potong kecil
Minyak secukupnya


Cara Membuat:
  1. Dalam sebuah wadah, campur rata terigu, gula, susu bubuk, baking powder dan garam.
  2. Masukkan air ke dalam campuran terigu dan aduk rata menggunakan sendok nasi atau pengocok kawat.
  3. Tambahkan margarin dan aduk rata.
  4. Saring adonan agar tidak ada yang menggumpal.
  5. Panaskan cetakan kue cubit dengan api kecil dan olesi dengan minyak.
  6. Isi cetakan sampai agak penuh karena adonan akan mengembang, tunggu sampai permukaannya bersarang atau berlubang-lubang lalu hias dengan potongan cokelat kemudian tutup cetakan dan panggang sampai matang.
  7. Setelah kue cubit matang, angkat kue cubit satu persatu menggunakan sendok makan. Lakukan sampai adonan habis.
  8. Kue Cubit Hias Cokelat siap dihidangkan.


Setelah beberapa kali membuat kue cubit, menurut saya kue cubit inilah yang paling enak. Ya iyalah, kan ada cokelat batangnya tuh yang bikin rasanya makin mantap. Jadi, bagi teman-teman yang ingin mencoba membuat kue cubit tanpa telur dengan rasa yang enak, cobalah resep kue cubit ini. InsyaAllah rasa tambah lagi. Tapi saya hanya berani makan kue cubit ini dua buah, soalnya mengandung banyak lemak dari susu, margarin dan cokelat batangnya.

Nah, demikian tulisan saya tentang kue cubit hias cokelat kali ini, semoga bermanfaat dan sesuai selera. Selamat mencoba. 😃


Salam,
Dapur Ima

Komentar

  1. Klo bikinnya pake ragi ntar jd kyk pukis mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheheh, iya juga sih, mba.
      Tapi beda dikitlah, kan pukis pakai santan mba adonannya.

      Hapus
  2. mauuu, sha lagi makan ice cream sambil bw, tambah kue cubit kayaknya makin manteppp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mmmmmm..., perpaduan yang endes tuh kayaknya, Sha.
      Tapi sayang kue cubitnya udah habis tuh. Bikin sendiri aja ya, Sha. Heheheh

      Hapus
  3. ahai iya benar, tambah coklat begitu makin sedap pasti kue cubitnya, mau juga donk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, mba. Makin sedap karena ada cokelatnya.
      Duh, mba Monic telat datang sih. Kue cubitnya udah ludes tuh hanya dalam waktu sekejap, heheheh.

      Hapus
  4. Adonannya cair atau kental ya? metika sudah diaduk semua?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agak kental, mba Wise. Hampir sama dengan adonan bolu.

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung dan membaca tulisan di Dapur Ima, semoga bermanfaat. Khusus bagi komentar yang tidak sesuai dengan topik, mohon maaf karena saya akan menghapusnya.

Paling Banyak Dibaca

7 Bentuk Spuit Kue dan Hasilnya

Manfaat Minum Entrasol QuickStart

Ubi Rebus Keju