Roti Bolu Entrasol QuickStart


Syukur alhamdulillah, hari ini saya merasa lebih baik dari hari-hari sebelumnya, meskipun perut dan pinggang ini belum hilang sakitnya terutama ketika saya bergerak agak cepat. Semoga saja esok dan di hari-hari berikutnya semakin membaik dan tidak kambuh lagi. Aamiin.

Nah, karena hari ini saya merasa lebih sehat, saya pun mencoba bebikinan lagi di dapur. Setelah tempo hari berhasil membuat Roti Sehat Entrasol QuickStart tanpa tambahan lemak (mentega, margarin atau minyak), saya langsung kepikiran untuk mencobanya juga pada adonan roti bolu dan hari ini saya mewujudkannya.


Roti bolu yang saya buat kali ini, resepnya tidak jauh berbeda dengan resep Roti Bolu Cokelat yang saya buat Mei lalu. Bedanya, yang ini menggunakan Entrasol QuickStart dan tidak ada minyaknya. Oh iya, kali ini saya juga menggunakan terigu protein tinggi sehingga rotinya lebih lembut daripada roti bolu cokelat. Penasaran? Berikut resep praktisnya.

ROTI BOLU ENTRASOL QUICKSTART

Bahan:
200 ml air hangat
1 sendok teh ragi instan
250 g terigu protein tinggi
50 g gula pasir
2 bungkus Entrasol QuickStart Cokelat
1/2 sendok teh garam
Margarin secukupnya


Cara Membuat:
  1. Siapkan loyang cincin dan olesi dengan margarin. Sisihkan.
  2. Campur air hangat dan ragi dalam sebuah wadah. Aduk rata dan diamkan sampai berbuih selama 5 sampai 10 menit.
  3. Dalam wadah yang lebih besar, aduk rata terigu, gula, Entrasol QuickStart dan garam.
  4. Tuang larutan ragi ke dalam campuran terigu dan aduk adonan dengan sendok kayu/sendok nasi sampai rata (adonannya sangat kental ya).
  5. Sendok adonan ke dalam loyang dan ratakan permukaannya.
  6. Tutup loyang dengan penutup panci dan diamkan selama 30 sampai 50 menit atau sampai adonan mengambang dua kali lipat. Tadi saya diamkan di bawah sinar matahari selama 35 menit.
  7. Setelah didiamkan, panggang adonan selama 25 sampai 30 atau sampai matang. Lama memanggang disesuaikan dengan oven masing-masing ya.
  8. Setelah matang, keluarkan roti bolu dari loyang dan dinginkan kemudian dipotong-potong.
  9. Roti Bolu Entrasol QuickStart siap dihidangkan.

Mmmmmm..., rotinya wangi dan lembut. Manisnya juga pas, tapi pasti terasa kurang manis bagi pecinta manis-manis. Ngomong-ngomong, sekilas terlihat seperti bolu gula merah ya? Jadi tidak salah kan bila saya memberinya nama roti bolu? Heheheh.


Nah, demikian tulisan saya hari ini, Semoga bermanfaat dan sesuai selera ya. Selamat mencoba. 😃

Salam,
Dapur Ima

Komentar

Posting Komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung dan membaca tulisan di Dapur Ima, semoga bermanfaat. Khusus bagi komentar yang tidak sesuai dengan topik, mohon maaf karena saya akan menghapusnya.

Paling Banyak Dibaca

7 Bentuk Spuit Kue dan Hasilnya

Manfaat Minum Entrasol QuickStart

Ubi Rebus Keju