Pekellu' Anjoro


Kali ini saya akan berbagi informasi seputar Pekellu' Mandar. Benda ini termasuk peralatan dapur tradisional Mandar yang sekarang mungkin sudah jarang kita temui.

Pekellu' Anjoro adalah alat yang digunakan untuk memarut kelapa. Umumnya terbuat dari kayu yang berbentuk panjang dilengkapi pisau parut di bagian depannya. Orang Mandar biasanya menyebut Pekellu' sebagai seekor buaya. Mungkin karena ada besi panjang pemarut kelapa di bagian depannya yang tajam seperti gigi buaya, heheheh.

Pekellu'nya jelek banget ya?
Pasti jarang dibersihkan tuh, heheheh

Dulu, alat ini bisa kita jumpai pada setiap rumah penduduk Mandar. Sekarang, Pekellu' Mandar sudah mulai langka karena digantikan Pekellu' model baru yang lebih aman dan ringan dari Pekellu' Mandar.

Pekellu' model baru ini setahu saya berasal dari Bugis. Pertama kali melihat Pekellu' model seperti ini ketika saya KKN di Bone tahun 2006 lalu dan mulai menggantikan Pekellu' Mandar beberapa tahun kemudian.


Pekellu' model baru ini berbentuk kotak persegi panjang. Sepintas terlihat hanya sebuah kotak biasa atau peti karena pisau parutnya tersimpan di bagian dalam. Bila akan digunakan, barulah kotak tersebut dibuka dan parutnya dikeluarkan.

Pekellu' model baru ini menurut saya adalah Pekellu' yang praktis karena kayunya ringan sehingga mudah dibawa ke mana-mana dan lebih aman karena setelah digunakan parutnya bisa disimpan kembali di bagian dalam. Pekellu' model baru ini juga bisa digunakan sebagai bangku saat melakukan pekerjaan di dapur.


Entah siapa yang pertama kali membuat Pekellu' seperti ini. Andai saya mengetahuinya, saya akan mengucapkan terimakasih banyak kepada beliau secara langsung karena telah menemukan alat parut praktis dan multifungsi seperti ini.

Waktu lagi foto Pekellu', Zahra yang mau pergi maulid pengen difoto juga. Ya sudah, jadi model Pekellu' dadakan saja, heheheh 😆

Demikian tulisan saya tentang Pekellu' kali ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Bila ternyata tulisan saya tentang Pekellu' Anjoro ini ada yang salah, mohon kiranya bersedia memberikan komentarnya. Terimakasih 😍

Komentar

  1. Unik ini mba.. baru tahu deh ada alat parut kelapa bentuk begini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mba. Unik. Makanya saya bagikan di sini. Siapa tahu besok-besok tidak ada lagi yang menggunakan Pekellu' karena memilih membeli yang sudah diparut atau santan instan.

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung dan membaca tulisan di Dapur Ima, semoga bermanfaat. Khusus bagi komentar yang tidak sesuai dengan topik, mohon maaf karena saya akan menghapusnya.

Paling Banyak Dibaca

Baking Powder dan Baking Soda