Brownies Praktis Ekonomis


Yang nungguin resep Brownies topping Oreo dan Mede Gery Chocolatos yang pernah saya janjikan, ini dia resepnya. Nggak ada yang nungguin kali! Kepedean banget nih orang, heheheh.

Menurut orang-orang di rumah sih, rasanya enak, tapi menurut saya masih kurang nendang rasanya. Mungkin karena saya hanya menyicipinya sedikiiit saja. Takut sakit perut lagi seperti pengalaman sebelumnya.


Mengapa saya sakit perut? Karena Brownies ini mengandung telur dan banyak minyak yang termasuk makanan pantang untuk kondisi saya saat ini. Makan Bolu Cokelat Praktis Ekonomis aja yang tanpa telur saya sakit perut, apalagi makan Brownies. Jadi, harus bisa mengendalikan diri dari godaan si Brownies, heheheh.

Berikut resepnya yang telah saya uji coba berkali-kali. 😍

BROWNIES A LA DAPUR IMA
Hasil modifikasi sendiri 😍

Resep Brownies tanpa mixer lainnya silakan buka di Brownies KTCK ya.

Bahan:
3 butir telur
150 g gula pasir
75 g terigu protein sedang yang telah diayak
25 g cokelat bubuk
120 ml minyak goreng
2 buah pisang kepok matang, potong miring
Margarin secukupnya untuk mengoles loyang


Cara Membuat:
  1. Siapkan loyang persegi ukuran 17 cm dan olesi margarin agak tebal. Bisa juga dialasi kertas roti/kertas minyak yang dilebihkan sisinya untuk memudahkan mengangkat Brownies ketika sudah matang. Sisihkan loyang.
  2. Campur minyak dan cokelat bubuk, aduk rata dan sisihkan.
  3. Kocok telur dan gula pasir menggunakan garpu sampai gula larut sekitar 3 sampai 5 menit.
  4. Masukkan campuran cokelat dan aduk rata.
  5. Tambahkan terigu dan aduk rata kembali.
  6. Tuang ke dalam loyang kemudian hentakkan loyang 2 sampai 3 kali untuk mengeluarkan udara yang terperangkap dalam adonan.
  7. Tata potongan pisang di atas adonan lalu panggang adonan dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya sampai matang. Tanda Brownies sudah matang, ada sedikit remahan adonan (tidak basah) yang menempel pada tusuk sate/tusuk gigi/lidi.
  8. Setelah dingin, potong-potong Brownies sesuai selera. Bisa dipotong-potong dalam loyang atau dipindahkan ke piring saji terlebih dahulu kemudian dipotong.
  9. Brownies a la Dapur Ima, siap dihidangkan.

Nah, sangat mudah bukan membuatnya? Tidak perlu pakai mixer karena cukup diaduk-aduk dengan garpu saja. Teman-teman juga tidak perlu khawatir Brownies yang teman-teman buat gagal karena Brownies ini memang padat hasilnya.



Seperti yang saya katakan di atas, resep ini juga bisa digunakan untuk membuat Brownies topping Oreo dan Mede Gery Chocolatos. Tinggal diganti topping saja.

Demikian tulisan saya kali ini. Semoga bermanfaat dan sesuai selera. Selamat mencoba. 😍

============

KIRIMAN DARI PEMBACA

Sabtu, 9 September 2017


Rabu, 26 April lalu, saya dapat inbox dari salah seorang pelanggan Ima Kande Kande yang bernama Pujy Anandwiatma. Katanya dia berhasil membuat Brownies Praktis Ekonomis ini. Duh, senangnya hati ini membaca pesan dari adinda Pujy tersebut. Mohon maaf ya baru saya tampilkan sekarang fotonya.

Ketika saya perhatikan fotonya, kok terlihat berbeda ya? Brownies yang dibuat Pujy terlihat mengembang. Lalu, saya pun menanyakan hal itu pada Pujy dan ternyata dugaan saya benar, Pujy mengocok (mixer) adonannya bukan diaduk dengan garpu, pantas saja adonannya jadi mengembang seperti itu.


Ternyata si Pujy ini jago bikin kue juga. Brownies yang ia buat ia jadikan brownies beku. Wuih..., mantap. Ia menggunakan resep Cokelat Cair Siram Praktis Ekonomis untuk membuat brownies beku seperti yang ada di dalam foto. Saya sudah berniat mencobanya tapi belum kesampaian juga hingga sekarang.

Terimakasih banyak ya, dinda Pujy, karena telah berkunjung ke Dapur Ima dan mencoba resep-resep yang saya bagikan. Percobaan berikutnya saya tunggu lho. Ngarep.com, heheheh.

Komentar

  1. he he he iya mba... kalau makan sedikit memang kurang nendang rasanya...
    enak nih browniesnya, nyoklat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, mba. Tapi harus bisa jaga kesehatan, heheheh

      Hapus
    2. Saya komentar lagi deh.
      Tadi pagi mau edit judul Brownies ini tapi tidak sempat.

      Berhubung beberapa menit yang lalu saya melihat mba Monic telah update blog dengan rujukan resep ini, saya pun buru-buru mengedit kembali tulisan tentang Brownies ini.

      Terimakasih banyak, mba Monic. Brownies yang mba buat bikin ngiler euy....

      Hapus
    3. terima kasih juga mba Ima buat resepnya.. enak browniesnya he he he

      Hapus
    4. Kembali kasih, mba.
      Jelas enaklah, mba. Ditambahin ini itu sih, jadi mantap luar biasa. 😍

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung dan membaca tulisan di Dapur Ima, semoga bermanfaat. Khusus bagi komentar yang tidak sesuai dengan topik, mohon maaf karena saya akan menghapusnya.

Paling Banyak Dibaca

7 Bentuk Spuit Kue dan Hasilnya

Manfaat Minum Entrasol QuickStart

Ubi Rebus Keju