Bolu Cokelat Praktis Ekonomis


Akhirnya...., ku menemukanmu (seperti lagunya Naff aja, heheheh).
Berhasil. Berhasil. Hore!!!
Alhamdulillah.

Dua hari kemarin saya bereksperimen di dapur lagi. Hari Kamis mencoba Bolu Air yang hasilnya sukses bantatnya. Trus kemarin pagi nyobain Bolu Gulung yang hasilnya terlalu tipis. Kemudian sore harinya saya coba Bolu Cokelat Tanpa Telur yang "wow" hasilnya, alhamdulillah.

Sebelumnya saya sudah pernah buat Bolu Cokelat tanpa telur yang resepnya saya ambil di Cookpad dengan judul "Brownies Simpel Tanpa Telur Tanpa Mixer" buatan Mama Yuni dan Aludra, tapi hasilnya padat banget.


Resep yang saya ambil dari Low Budget Kitchen atau tehninit.com, ini beda. Meskipun awalnya sedikit pesimis hasilnya mengecewakan karena baking soda saya ganti baking powder, ternyata hasilnya dahsyat luar biasa. Teksturnya sangat lembut seperti Brownies Kukus, lembab dan rasa cokelatnya nendaaang banget. Mmmmm...., benar-benar rasa tambah lagi deh pokoknya.

Pada penasaran kan? Yuk, kita lanjut pada resep hasil modifikasi dari saya. Bila ingin melihat resep aslinya, silakan kunjungi Low Budget Kitchen atau tehninit.com! Terimakasih banyak teh Ninit atas resepnya yang luar biasa. 😍

BOLU COKELAT PRAKTIS EKONOMIS
Hasil modifikasi resep Cake Cokelat Hemat Lezat a la Jenny Jones

Bahan:
150 g terigu protein sedang yang telah diayak
150 g gula pasir
30 g cokelat bubuk (saya pakai Bendico)
1 sdt baking powder double acting (BPDA)
1/4 sdt garam
200 ml air hangat (bisa pakai air matang biasa)
6 sdm (90 ml) minyak goreng


Cara Membuat:
  1. Siapkan loyang persegi ukuran 17 cm dan olesi dengan margarin, sisihkan.
  2. Campur terigu, gula, cokelat bubuk, baking powder dan garam, aduk rata.
  3. Campur air dengan minyak dan aduk rata.
  4. Tuang campuran air dan minyak ke dalam campuran terigu lalu aduk balik perlahan dengan spatula atau sendok kayu.
  5. Tuang adonan ke loyang dan panggang dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya sampai matang menggunakan api cenderung kecil.
  6. Setelah agak dingin, keluarkan kue dari loyang dan balik kue agar bagian atas tetap berada di atas. Bila tidak ingin repot membolak-balikkan kue, loyang yang digunakan bisa dialasi kertas roti.
  7. Setelah dingin, potong-potong kue sesuai selera. Bolu Cokelat Praktis Ekonomis siap dihidangkan.
Bolu ini aslinya diberi krim lagi di atasnya. Tapi menurut saya, dimakan polos begitu aja udah enak banget. Hhhmmmm...., dapat menu baru untuk jualan lagi deh. Tinggal diberi topping keju atau yang lainnya agar terlihat lebih cantik dan menarik.


Bolu ini akhirnya bisa mengalihkan cintaku kepada Brownies. Soalnya Bolu ini nyoklat banget, tanpa telur dan bikinnya juga tinggal aduk-aduk saja. Tapi, ada tapinya nih. Bolu ini pakai baking powder atau pengembang. Jadi tidak sebaik Bolu Cokelat Jadi Brownies atau Brownies.

Selamat Mencoba! 😍

==============

KIRIMAN DARI PEMBACA

Sabtu, 9 September 2017


Kamis, 27 April lalu, saya dapat kiriman foto bolu cokelat dari pelanggan Ima Kande Kande yang bernama Pujy Anandwiatma. Sebelumnya ia juga telah mengirimkan foto brownies buatannya dan ia menggunakan resep dari Dapur Ima untuk membuat kedua kue tersebut. Senaaang rasanya, resep saya sudah dicoba. Terimakasih banyak ya, dinda Pujy. Percobaan lainnya saya tunggu, heheheh....

Oh iya, bolu cokelat buatan Pujy tidak dipanggang melainkan dikukus karena loyang yang ia gunakan tidak muat ke panci panggangannya dan kata Pujy, rasanya tetap enak. Jadi bila teman-teman ada yang mau mencoba resep ini dan tidak punya oven, adonannya dikukus saja. Saya jadi penasaran seperti apa rasanya bila dikukus. Dipanggang aja sudah lembut begitu apalagi dikukus, pasti semakin lembut.

Sekali lagi terimakasih banyak ya, adinda Pujy. Sukses selalu. 😃

Komentar

Paling Banyak Dikunjungi

7 Bentuk Spuit Kue dan Hasilnya

Kue Milo Praktis