Krim Kue (Butter Cream) Praktis Ekonomis


Setelah melakukan uji coba berkali-kali, akhirnya saya mendapatkan resep Krim Kue atau butter cream yang pas menurut saya, lembut dan mudah dibentuk sebagai hiasan Kue Tart.


Dari segi rasa, menurut saya biasa saja dan kurang manis, tapi semua pelanggan saya alhamdulillah menyukainya. Entahlah kalau itu sekedar pujian, heheheh.

Berikut resepnya ya...

KRIM KUE A LA DAPUR IMA
Hasil modifikasi sendiri 😍

Bahan:
120 g mentega putih (shorthening)
2 bungkus (isi 40 g) krimer kental manis putih/cokelat
Bila suka yang manis, gunakan mentega putih sebanyak 80 g sampai 100 g (tapi hasilnya jadi lebih lembek)

Cara Membuat:
  1. Campur semua bahan dan kocok dengan sendok makan selama kurang lebih 5 menit.
  2. Krim siap digunakan.


Gimana, praktis dan ekonomis kan Krim Kue a la Dapur Ima? Iya dong, heheheh.

Bila ingin warna krim cokelatnya agak muda, gunakan masing-masing satu bungkus KKM putih dan cokelat. Sedangkan bila ingin warna cokelat yang agak tua, gunakan KKM cokelat semua.


Foto di atas adalah contoh kue yang saya hias menggunakan resep di atas. Satu resep untuk krim putih dan satu resep untuk krim cokelat. Saya menggunakan campuran KKM putih dan cokelat untuk krim cokelatnya.

Semoga bermanfaat. 😍

=========

Jumat, 17 Februari 2017


Minggu, 5 Februari lalu, saya kembali membuat resep krim kue ini untuk menghias kue ULTAH di atas. Nah, waktu saya tanya sama pelanggan tentang kuenya, pelanggan ini pun berkata bahwa kuenya enak tapi krimnya kurang manis. Heheheh...., akhirnya ada juga yang jujur kalo krim ini tidak manis.

Karena hal tersebut, saya kembali uji coba krim di dapur. Mulai dari yang menggunakan dua bahan saja seperti resep di atas tapi mentega putihnya saya kurangi sampai krim yang menggunkan sirup sederhana (sirup gula pasir).

Menurut saya, yang menggunakan sirup sederhana rasanya sudah manis tapi proses pembuatannya butuh waktu lama. Oleh karena itu, saya kembali lagi pada resep di atas dengan mengurangi jumlah mentega putihnya. Jadi, disesuaikan selera teman-teman saja.

Semoga membantu. (^_^)

Komentar

Posting Komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung dan membaca tulisan di Dapur Ima, semoga bermanfaat. Khusus bagi komentar yang tidak sesuai dengan topik, mohon maaf karena saya akan menghapusnya.

Paling Banyak Dibaca

Baking Powder dan Baking Soda