Cara Membersihkan Oven


Oven ini adalah oven pertama saya. Uang untuk beli ovennya dari kakak saya, Adil, dan Mama yang membelikannya di pasar. Berarti bukan oven saya dong ya? Maksudnya itu, oven ini sengaja dibeli khusus untuk saya. Jadi, boleh dong saya menyebutnya oven saya, heheheh.

Seingat saya, ini adalah oven ketiga di rumah. Yang pertama sudah rusak dan telah digantikan oven kedua. Nah, oven kedua itu dipakai adik ipar saya, Icha alias Ibunya Oi' & Zahra. Berhubung Icha juga menerima orderan kue, kan ribet tuh kalo ovennya cuma satu. Makanya saya minta dibelikan yang baru.

Oven ini dibeli oleh Mama Juni 2016 lalu. Saya menggunakannya pertama kali untuk memanggang Kue Kering Monas yang telah saya bagikan fotonya tahun lalu. Dari situlah awalnya saya mulai mencoba jualan kue dan alhamdulillah berlanjut hingga sekarang.

Bila ovennya hanya digunakan untuk memanggang kue kering, bisa dipastikan ovennya tidak akan terkena tumpahan adonan. Tapi ketika oven tersebut saya gunakan untuk memanggang Brownies dan loyangnya berlubang di semua sudutnya, yang terjadi adalah adonan Brownies tersebut mengalir keluar dan membuat noda hitam di bagian bawah oven. Yaaaa...., kotor deh ovennya. Hiks..., hiks..., hiks.


Setelah kejadian itu (masih bulan Juni), saya langsung mencari informasi tentang cara membersihkan oven di Google. Tapi eh tapi, baru kemarin saya bisa membersihkan si oven. Jadi wajar saja kalau nodanya tidak bisa hilang sempurna. Soalnya sudah menempel berbulan-bulan di ovennya. Jangan ditiru ya, teman-teman. 😍

Berikut cara membersihkan oven yang saya kutip dari news.ralali.com. Terimakasih banyak saya ucapkan atas tips dan triknya. Sangat bermanfaat. 👍👌😍

Cara Membersihkan Oven
Sumber: news.ralali.com
  1. Siapkan oven, air hangat, sabun cuci piring, baking soda, botol semprot, lap bersih, sikat dan beberapa wadah.
  2. Lepas rak oven dan rendam ke dalam wadah berisi campuran air hangat dan sabun cuci piring. Saya diamkan sampai airnya dingin kemudian saya cuci bersih dan menyikat kotoran yang menempel lalu dibilas kemudian dikeringkan.
  3. Campur air hangat sekitar 100 ml dengan 2 sendok makan baking soda (saya pakai soda kue), aduk-aduk sampai sodanya larut kemudian masukkan ke dalam botol yang mempunyai semprotan.
  4. Semprotkan ke bagian dalam dan luar oven, semprotkan agak banyak pada bagian oven yang terkena noda lalu diamkan selama 1 jam atau sampai kotoran yang berupa arang maupun sisa adonan kue terangkat.
  5. Bilas dengan menggunakan lap atau kain yang sudah dibasahi air hangat. Bila masih ada kotoran yang menempel, ulangi kembali prosesnya sampai bersih.
  6. Keringkan oven menggunakan lap atau kain bersih.
  7. Masukkan kembali rak oven dan oven siap digunakan.
Seperti inilah hasilnya dengan mengulangi proses membersihkannya selama 3x

INGAT!
  1. Ketika membersihkan oven, pastikan oven dalam keadaan dingin untuk menghindari baking soda menyebar ke mana-mana.
  2. Hindari pula untuk menyemprotkan baking soda pada permukaan pintu oven, sebab dapat menyebabkan baking soda terperangkap di panel kaca serta berbahaya ketika oven dipanaskan.
  3. Tambahan dari saya. Bersihkan oven secara berkala agar noda yang melekat pada oven mudah dibersihkan.
Demikian tulisan saya kali ini dan semoga bermanfaat. 😍

Komentar

  1. tips yang bagus neh... tapi memang membersihkan oven itu saya paling malas he he he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mba. Aku juga malas, makanya ovenku jadi ternoda eh..., maksudnya bernoda, heheheh.

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung dan membaca tulisan di Dapur Ima, semoga bermanfaat. Khusus bagi komentar yang tidak sesuai dengan topik, mohon maaf karena saya akan menghapusnya.

Paling Banyak Dibaca

Baking Powder dan Baking Soda