Turingang, Bulalia & Leppani' (Cakalang, Selar & Tongkol)

Kemarin, seperti biasa ketika Mama pulang dari pasar, saya akan antusias melihat belanjaan Mama, siapa tahu ada yang layak untuk dibagikan di Dapur Ima. Ternyata benar, Mama membeli tiga jenis ikan yang salah satunya sempat membuat saya bingung tempo hari. Bingung karena tidak tahu ikan tongkol itu yang mana, sementara saya tidak boleh makan ikan tongkol dulu selama diet.


Jujur, meskipun sudah tua begini saya tidak banyak tahu tentang ikan. Tahunya paling ikan kesukaan saya seperti: layang, penja, cumi, udang, dan teri. Tapi sejak menetap di sini dan aktif di blog, saya mulai penasaran tentang ikan dan namanya dalam bahasa Indonesia.

Sewaktu saya membaca menu pantang yang di dalamnya ada nama ikan tongkol, saya pun penasaran sama si ikan tongkol ini. Saya tanya orang-orang di rumah, ikan tongkol itu yang mana? Tapi saya tidak mendapatkan jawaban yang meyakinkan. Lalu saya tanya deh sama Mbah Google dan ternyata ikan tongkol itu adalah Leppani', salah satu ikan yang sering dibeli oleh Mama.

Berawal dari kejadian tersebut, saya semakin ingin berbagi informasi seputar ikan dan akhirnya bisa terlaksana hari ini karena saya sudah memiliki fotonya.

Berikut tiga jenis ikan yang akan kita bahas hari ini:

1. Cakalang (Turingang)



Ikan cakalang atau disebut turingang dalam bahasa Mandar adalah ikan berukuran sedang dari familia skombride (tuna). Satu-satunya spesies dari genus Katsuwonus. Cakalang terbesar, panjang tubuhnya bisa mencapai 1 meter dengan berat lebih dari 18 kg. Cakalang yang banyak tertangkap berukuran panjang sekitar 50 cm.

2. Tongkol (Leppani')



Ikan tongkol atau disebut leppani' dalam bahasa Mandar adalah sejenis ikan laut dari suku skombridae. Ikan ini berukuran sedang, panjang maksimum mencapai 1 meter, namun umumnya hanya sekitar 60 cm.

3. Selar (Bulalia)



Selar adalah nama umum bagi beberapa jenis ikan pelagis bertubuh kecil hingga sedang dari suku Carangidae. Contohnya selar bentong, selar kuning, selar tetengkek dan lainnya. Yang saya bagikan gambarnya di sini mungkin termasuk selar bentong.

Bagi teman-teman yang ingin informasi lebih lengkap, silakan mengunjungi Wikipedia, ya. 😃

Semoga Bermanfaat. 😃

Komentar

Posting Komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung dan membaca tulisan di Dapur Ima, semoga bermanfaat. Khusus bagi komentar yang tidak sesuai dengan topik, mohon maaf karena saya akan menghapusnya.

Paling Banyak Dibaca

Baking Powder dan Baking Soda