Pizza Teflon Cokelat Pisang

Lagi doyan pizza nih, teman-teman. Jadi harap maklum bila beberapa hari terakhir dan beberapa hari ke depan, tulisan di Dapur Ima judulnya pizza melulu. Habis praktis dan ekonomis sih, enak lagi. Siapa yang nggak doyan kalau begitu? Hehehe, cari alasan ini mah.


Saya membuat Pizza Teflon Praktis Ekonomis ini kemarin siang. Kali ini mau buat versi manis dan lebih tipis karena pizza yang saya buat sebelumnya selalu tebal seperti bantal, hehehe. Saya lalu teringat resep Selai Cokelatnya Dapoer Yuyu, sepertinya cocok tuh dijadikan olesan. Saya pun langsung ke Dapoer Yuyu mencari resep selai cokelat dan menulisnya. Karena masih banyak pisang juga di rumah, saya dapat ide untuk membuatnya sebagai hiasan pizza saya kali ini.


Resep pizzanya masih sama dengan resep Pizza Teflon Praktis Ekonomis dan Pizza Teflon Lembut dan Ekonomis. Bedanya, yang ini gulanya saya tambah menjadi satu sendok teh dan proses fermentasinya 2 x 30 menit. Jadi, selama menunggu pizza mengembang, saya membuat selai cokelat yang resepnya telah saya bagikan sebelumnya, merebus pisang dan mengirisnya bulat-bulat tipis.

Yang ini selai cokelatnya kebanyakan,
sehingga saat dipindahkan dari teflon ke piring,
cokelatnya melebar dan mengalir ke luar. 😦

Berikut resepnya...

Pizza Teflon Cokelat Pisang
Hasil modifikasi resep "Pizza Teflon Tanpa Ulen" Monic's Simply Kitchen

Bahan:
1 sdt ragi instan
1 sdt gula pasir
120 ml air hangat
140 g terigu protein sedang
1/2 sdt garam
1 sdm minyak goreng

Catatan: saya menggunakan sendok makan dan sendok teh biasa, bukan sendok takar

3 buah pisang kepok rebus diiris tipis
Selai cokelat secukupnya sesuai selera, resepnya di Selai Cokelat Praktis Ekonomis ya.


Cara Membuat:
  1. Campur ragi, gula dan air hangat dalam sebuah gelas, aduk rata sampai gula larut kemudian diamkan selama 5 - 10 menit sampai ragi berbuih.
  2. Campur terigu dan garam dalam sebuah wadah lain, aduk rata dengan sendok.
  3. Tuang campuran ragi ke dalam campuran terigu, aduk rata dengan sendok.
  4. Tambahkan minyak goreng dan aduk rata kembali dengan tangan selama dua menit.
  5. Bulatkan adonan, tutup kain atau nampan lalu diamkan selama 30 menit.
  6. Setelah 30 menit, kempiskan adonan dan bulatkan kembali kemudian diamkan lagi selama 30 menit.
  7. Siapkan teflon ukuran 22 cm dan olesi minyak.
  8. Olesi tangan dengan minyak lalu kempiskan adonan dan bagi menjadi dua bagian.
  9. Ratakan adonan di teflon dan tusuk-tusuk permukaannya dengan garpu.
  10. Panggang adonan dengan api kecil sampai adonan mengembang dan bagian bawahnya mengering selama 2 - 3 menit. Matikan kompor.
  11. Balik adonan, olesi dengan selai cokelat, tata pisang di atasnya lalu tutup teflon kemudian panggang kembali sampai matang selama 3 - 5 menit. Matikan kompor.
  12. Lakukan hal yang sama untuk adonan berikutnya sampai matang atau bisa juga adonan pizza dipanggang sampai matang kedua sisinya kemudian diberi selai dan pisang.
  13. Pindahkan pizza ke piring saji, potong sesuai selara dan Pizza Teflon Cokelat Pisang siap dihidangkan.

Hhhhhmmmm, rasanya enak walau nggak pake banget, soalnya selai cokelatnya manis sedangkan saya sukanya yang nyoklat banget. Tapi adik dan ipar saya suka. Katanya rasa tambah lagi, hehehe. OK! Ditunggu saja pizza dengan rasa lain berikutnya. Oh iya, satu lagi. Saya lebih suka pizza yang tebal daripada pizza yang tipis. Kalau tipis harus makan banyak baru puas, heheheh.


Selamat mencoba! Semoga bermanfaat dan sesuai selera. 😃

Komentar

  1. nyam2 enak nih mba... seru kayaknya banyak coklat gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mba. Rasa tambah lagi. Hihihi...
      Pencinta coklat, mba. Jadi coklatnya melimpah ruah, heheheh.

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung dan membaca tulisan di Dapur Ima, semoga bermanfaat. Khusus bagi komentar yang tidak sesuai dengan topik, mohon maaf karena saya akan menghapusnya.

Paling Banyak Dibaca

Baking Powder dan Baking Soda