Selai Cokelat Sehat Tanpa Lemak

Selai cokelat yang saya buat Senin lalu hanya bertahan tiga hari saja. Pada suka sama selai cokelat itu terutama saya dan adik saya, Khalil. Itu sebabnya saya buat lagi kemarin untuk saya jadikan isian roti. Tapi saya ingin membuat versi yang lebih sehat tanpa kandungan lemak sedikit pun. Karena cokelat batang dan meises masih mempunyai kandungan lemak, maka pilihan saya jatuh pada resep tehninit yaitu "Selai Cokelat Rumahan Versi Gluten Free & Vegan". Terimakasih banyak teh, resep sehatnya.


Resep selai cokelat dari tehninit ini masih menggunakan santan sehingga saya menggantinya menjadi air biasa saja, agar selai buatan saya benar-benar sehat tanpa kandungan lemak sedikit pun. Apa enak selai seperti itu? Menurut saya enak, tapi tidak pakai banget seperti selai buatan saya sebelumnya. Yang jelas, sehat, TITIK. Nggak usah ngotot gitu juga kaliii, heheheh.

Selai ini bukan hanya saya modifikasi dari jenis bahannya saja, tapi juga dari jumlah takarannya. Yang ingin tahu versi aslinya, silakan mengunjungi Low Budget Kitchen atau tehninit.com.


Berikut resep hasil modifikasi dari saya. 😃

Selai Cokelat Sehat Tanpa Lemak
Inspirasi resep dari Selai Cokelat Rumahan Versi Gluten Free "Low Budget Kitchen"

Bahan:
5 sdm gula pasir (yang suka manis, gulanya bisa ditambah)
4 sdm cokelat bubuk (saya pakai Bendico)
3 sdm maizena
1/4 sdt garam
200 ml air

Catatan:
Kamis, 3 November 2016


Saya kembali membuat selai ini, Selasa, 1 November 2016 menggunakan sendok takar (sendok ungu adalah sendok makan) bukan sendok makan biasa dan hasilnya lebih padat dari foto selai di atas dan rasanya juga tidak manis. Oleh karena itu, bila teman-teman menggunakan sendok takar, cokelatnya 3 sendok makan saja ya. 😃

Cara Membuat:
  1. Campur semua bahan dalam panci dan aduk rata sampai tidak ada tepung atau cokelat yang menggumpal.
  2. Rebus dengan api sedang sambil diaduk-aduk sampai meletup-letup.
  3. Kecilkan api dan aduk terus selama satu sampai dua menit. Matikan kompor.
  4. Dinginkan lalu masukkan ke stoples.
  5. Selai cokelat sehat tanpa lemak siap digunakan.

Sangat mudah bukan membuat selai sendiri? Sehat dan enak lagi. Jadi tidak perlu beli lagi karena bisa kita buat sendiri di rumah.

Selai ini saya jadikan isi Roti Teflon yang akan saya bagikan setelah ini. Masih tersisa sedikit untuk adonan roti sebanyak 500 gr dan sisanya saya makan begitu saja. Hhhmmmm, lezaaaat!!!

Selamat Mencoba! InsyaAllah rasa tambah lagi. 😃

===========

Foto dari teman yang telah mencoba resep ini.

Kurang lebih sejam yang lalu, ada pemberitahuan Facebook dari mba Melanie Carolina di grup Langsungenak bahwa dia telah mencoba resep ini dengan mengganti airnya menjadi susu cair dan kata mba Melanie, rasanya enak. Rasanya senang sekali deh karena resep yang saya bagikan di grup Langsungenak Sabtu, 15 Oktober 2016 lalu disukai banyak orang. Terimakasih ya Tuhan, Engkau izinkan hamba berbagi kebaikan. Semoga saya bisa melakukannya setiap hari. Aamiin.


Masih ada satu foto lagi dari resep yang saya bagikan di grup Langsungenak ini. Ini dari mba Limah Halimah yang gagal membuat selai cokelat seperti buatan saya. Penyebabnya mungkin karena mba Limah pakai cokelat kiloan tidak bermerk yang bisa saja sudah dicampur ini-itu. Jadi, teman-teman sebaiknya menggunakan cokelat bubuk berkualitas bila ingin hasil terbaik.


Foto yang lainnya saya tunggu di Facebook Kande Kande atau Dapur Ima, ya...., terimakasih. 😃

Komentar

  1. Wah mantab lah selai tanpa lemak, jadi bisa buat progam diet hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mba Anisa.
      Meskipun makan banyak tapi tidak khawatir jadi ndut, hehehe.

      Hapus
  2. Buat makan roti tawar cocok ini mbak sitti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, Mas Tama. Cocok banget sama roti tawar.

      Hapus
  3. Diet bisa selamat ini walaupun sering ngemilin coklat. Ya walaupun belum bisa ngemilikin 'kamu' 😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu? iya kamu, yang selalu berlarian dalam kepalaku hahaha

      Hapus
    2. Ehm!
      Ngemilikin siapa ini?

      Cie... Cie....
      Bakalan banyak nih yang memperebutkan mba Anggun si cantik jelita.

      Hapus
    3. Saya tahu nih, Mas Nugraha.

      Namanya... Anggun.

      Hapus
  4. Hahahaa,, selai coklat tanpa lemak. Lumayan kan ya kak buat ngempesin perut dikit-dikit :(

    BalasHapus
  5. dan karena saya lagi berjuang buat naikin kiloan,sepertinya selai cokelat berlemak lebih cocok untuk saya wkwkwkwkw

    tapi ini boleh dicoba nih, buat yang lagi berjuang ngurusin badan tapi doyan coklat hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya segitu udah cocok, Mas Nugraha. Proporsional.
      Menurut mba Anggun gimana?

      Hapus
  6. saya jadi pengen mba buat di rumah. makasih referensinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, Ammar.
      Baru muncul lagi nih?

      Iya, makasih juga atas kunjungannya.

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung dan membaca tulisan di Dapur Ima, semoga bermanfaat. Khusus bagi komentar yang tidak sesuai dengan topik, mohon maaf karena saya akan menghapusnya.

Paling Banyak Dibaca

Manfaat Minum Entrasol QuickStart

7 Bentuk Spuit Kue dan Hasilnya