Pizza Teflon Jagung Wortel

Seperti yang sudah saya katakan pada tulisan saya sebelumnya, saya itu lagi doyan pake banget sama makanan Italia yang bernama Pizza karena pizza termasuk makanan yang rendah lemak, kaya karbohidrat, ditambah lagi dengan kaya vitamin atau protein sesuai dengan topping yang kita gunakan.


Nah, kemarin saya membuat pizza lagi. Tapi resep pizzanya beda dengan yang telah saya bagikan sebelumnya karena ini versi pizza yang diuleni. Resep ini saya dapatkan di grup Facebook yang baru saya ikuti kurang lebih seminggu ini yang bernama Langsungenak. Ternyata mengikuti grup ini sangat bermanfaat. Terimakasih Langsungenak.

Resep pizza kali dari mba Rosi Meidina. Mba Meidina sendiri mengambil resep ini dari You Tube Jamie Oliver lalu dimodifikasi. Resepnya hampir mirip sih dengan resepnya mba Monic, tapi resep yang ini tidak menggunakan gula, menggunakan lebih sedikit air, ragi dan minyak dibandingkan resep dari mba Monic. Menurut saya resep yang ini lebih sehat dan ekonomis walaupun membutuhkan sedikit perjuangan menguleninya. 😃


Saya memberanikan diri membuat pizza dengan resep ini karena adonannya diuleni sampai kalis saja, bukan kalis elastis. Itu berarti, tidak perlu acara banting-banting segala. Saya berharap semoga saja perut saya tidak sakit setelah menguleni adonan karena menguleni itu butuh tenaga dan gerakan tangan yang memberikan tekanan di bagian perut. Alhamdulillah, Tuhan mengabulkan doa saya. Kemarin saya buat adonan pizza ini dua kali dan perut saya baik-baik saja. Terimakasih atas perlindungan-Mu ya Allah.

Seperti saat membuat pizza sebelumnya, pizza kali ini masih menggunakan teflon untuk memanggangnya. Dan cara memanggang pizza yang lebih tepat menurut saya adalah cara yang digunakan oleh mba Monic. Bila memanggang pizza menggunakan teflon, adonan pizza harus dibalik agar matang sempurna. Memanggang satu sisi sih boleh-boleh saja, dengan catatan juga menambah waktu pemanggangannya. Tapi hal itu malah akan membuat bagian bawah pizza jadi gosong. Itu sebabnya cara inilah yang paling tepat meskipun kita akhirnya tidak bisa membuat pizza cantik dengan pinggiran berbentuk bulat. Terimakasih saya ucapkan kepada mba Meidina dan mba Monic atas resepnya.


Aiiiihhh, pendahuluannya panjang kali lebar lagi ya, teman-teman? Kalau begitu, kita langsung menuju puncak, yuk! Eh salah, menuju resep maksudnya, hehehe.

Pizza Teflon Jagung Wortel
Inspirasi resep dari Rosi Meidina dan Monic's Simply Kitchen

Bahan Pizza:
1 sdt ragi instan
150 ml air hangat
250 g terigu protein tinggi
1/2 sdt garam
1 sdm minyak goreng

Bahan Topping:
1 buah jagung manis, pipil
1 buah wortel parut
3 buah bawang merah, iris tipis
2 siung bawang putih, iris tipis
1 sdm minyak untuk menumis
Garam sesuai selera
Air secukupnya

Catatan: saya menggunakan sendok makan dan sendok teh biasa, bukan sendok takar


Cara Membuat Pizza:
  1. Campur ragi dan air dalam sebuah gelas, aduk rata dan diamkan sampai berbuih selama 5 - 10 menit.
  2. Dalam wadah lain, campur terigu dan garam, aduk rata.
  3. Tuang larutan ragi dan aduk rata dengan tangan.
  4. Tambahkan minyak dan uleni sampai kalis selama 5 sampai 10 menit.
  5. Bulatkan adonan, tutup dengan kain atau nampan dan diamkan selama satu jam.
  6. Setelah satu jam, kempiskan adonan dan bagi menjadi dua bagian.
  7. Ambil satu adonan dan pipihkan dengan tangan dalam teflon sampai rata. Setelah itu, tusuk-tusuk permukaan adonan dengan garpu.
  8. Panggang dengan api kecil sampai bagian bawah kering selama 2 - 3 menit. Matikan kompor.
  9. Balik adonan, olesi dengan 2 sendok makan saus tomat, beri tumisan jagung dan wortel sebanyak 5 sendok makan dan hiasi kembali dengan saus tomat (saya memasukkan saus tomat secukupnya ke dalam plastik bekas pembungkus gula, lalu menghias pizza seperti pada gambar).
  10. Tutup teflon dan panggang kembali sampai matang selama 4 - 5 menit. Matikan kompor.
  11. Lakukan hal yang sama untuk sisa adonan.
  12. Pindahkan pizza ke piring saji, potong-potong dan Pizza Jagung Wortel siap dihidangkan.

Cara Membuat Topping:
  1. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, tambahkan air secukupnya.
  2. Masukkan wortel, aduk rata.
  3. Tambahkan jagung, aduk rata.
  4. Tambahkan garam sesuai selera dan masak sampai matang.
  5. Tumisan jagung dan wortel siap digunakan.

Pizza ini rasanya mantap, teksturnya lembut dan kenyal. Resep mba Meidina sebenarnya hanya didiamkan selama 30 menit, tapi setelah 30 menit saya diamkan, adonan belum mengembang dua kali lipat sehingga saya tambah 30 menit lagi. Kali ini saya juga menggunakan terigu protein tinggi karena sisa terigu protein sedang di rumah tinggal sedikit. Lain kali mau buat yang pakai terigu protein sedang deh, mau tau bedanya seperti apa.

Selamat mencoba! Semoga bermanfaat dan sesuai selera. 😃

PERBAIKAN
Sabtu, 22 Oktober 2016
Barusan liat resep ini lagi di grup NCC dan ternyata pada prosesnya ada yang kurang. Setelah adonan dibulatkan, mba Meidina melumuri adonan dengan minyak secukupnya dulu baru didiamkan 30 menit dan saya melewatkan itu. Mungkin hal itu yang membuat adonan saya lama proses mengembangnya. Lain kali saya akan perbaiki deh biar lebih cepat, tapi sejam juga tidak terlalu lama kok. Bisa ditunggu sambil Facebook-an, heheheh.

===========

Kiriman Foto dari teman Ima


Ini adalah kiriman foto dari mbak Ulfah. Mbak Ulfah melihat resep saya di grup Facebook Langsungenak. Kata mbak Ulfah hasilnya agak keras, lalu saya perhatikan fotonya. Oh... Itu karena mbak Ulfah memanggangnya kembali setelah diberi topping selama 6 - 7 menit sehingga bagian bawahnya kecokelatan. Semoga lain kali tidak keras lagi ya bawahnya. Terimakasih banyak kiriman fotonya mba Ulfah. 😍

Komentar

  1. seru juga buat pizza lagi ya... jadi pengen makan pizza juga neh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mba. Saya lagi jatuh cinta nih sama Pizza. 😀

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung dan membaca tulisan di Dapur Ima, semoga bermanfaat. Khusus bagi komentar yang tidak sesuai dengan topik, mohon maaf karena saya akan menghapusnya.

Paling Banyak Dibaca

Manfaat Minum Entrasol QuickStart

7 Bentuk Spuit Kue dan Hasilnya

Baking Powder dan Baking Soda