Selai Cokelat Praktis Ekonomis

Teman-teman, saya lagi suka nih membuat makanan yang praktis ekonomis. Jadi beberapa judul tulisan saya akhir-akhir ini kebanyakan ada kata praktis ekonomisnya, heheheh. Semoga pembaca Dapur Ima tidak bosan dan menyukainya ya.


Kali ini saya akan berbagi cara membuat Selai Cokelat rumahan yang praktis ekonomis dengan rasa yang cukup enak. Tidak perlu pendahuluan yang panjang kali lebar hari ini, kita langsung saja pada resepnya berikut ini. Terimakasih banyak, mba Yuyu atas resepnya.

Selai Cokelat Praktis Ekonomis
Modifikasi resep Homemade Chocolate Jam Dapoer Yuyu

Bahan:
250 g meises cokelat
5 sdm gula pasir
5 sdm maizena
500 ml air

Catatan: saya menggunakan sendok makan biasa, bukan sendok takar.


Cara Membuat:
  1. Campur meises, gula dan air dalam sebuah panci, sisakan sedikit air untuk melarutkan maizena kemudian rebus dengan api sedang sampai mendidih sambil diaduk-aduk. Matikan kompor.
  2. Larutkan maizena dengan sedikit air, nyalakan kembali kompornya dan tuang larutan maizena sambil terus diaduk. Rebus sampai adonan meletup-letup, lalu kecilkan apinya dan aduk terus selama kurang lebih 1 - 2 menit.
  3. Matikan kompor, angkat panci dan aduk-aduk selai untuk menghilangkan uapnya.
  4. Setelah dingin, masukkan ke dalam stoples atau wadah bekas selai.
  5. Selai Cokelat Praktis Ekonomis siap digunakan sebagai olesan roti, bolu, pizza dan lainnya.

Sangat mudah kan membuatnya? Tapi selainya manis dan kurang kental menurut saya, mungkin karena saya menggunakan meises bukan cokelat batang. Lain kali mau buat sesuai resep supaya tahu bedanya seperti apa.

Selamat mencoba! Semoga bermanfaat dan sesuai selera. 😃

==========

Kiriman Foto dari Pembaca Dapur Ima

Minggu, 23 Oktober 2016


Semalam pukul 21.05, dapat kiriman foto ini dari teman Pembaca Dapur Ima, yunda Hijrah. Yunda Hijrah membuat selainya dengan takaran berbeda dari resep di atas karena saya sarankan seperti itu, yaitu 4 sendok makan gula pasir dan 6 sendok makan maizena. Hasilnya kata yunda Hijrah sudah pas, tidak kental dan tidak encer dengan rasa yang enak. Alhamdulillah kalau resepnya disukai dan sesuai selera. Terimakasih yunda Hijrah. Percobaan berikutnya ditunggu. 😃

Komentar

Paling Banyak Dibaca

Manfaat Minum Entrasol QuickStart

7 Bentuk Spuit Kue dan Hasilnya