Bubur Sumsum

Ada yang suka makan Bubur Sumsum di sini? Atau masih ada yang belum pernah mencobanya seperti saya yang baru merasakannya bulan lalu? Nah, kali ini saya akan berbagi seputar Bubur Sumsum. Yang ingin melihat resep Bubur Sumsum tanpa santan versi saya, silakan cari resepnya di arsip blog ini!


Bubur Sumsum adalah makanan berupa bubur berwarna putih yang dimakan dengan kuah gula merah. Bubur Sumsum bahan dasarnya terbuat dari tepung beras yang dicampur santan atau air dan ada pula yang pakai susu. Dinamakan Bubur Sumsum karena warnanya yang putih seperti sumsum tulang.

Bubur Sumsum adalah makanan tradisional yang tidak diketahui asal-usulnya dengan pasti berasal dari daerah mana karena kehadirannya cukup luas di seluruh nusantara dan juga di negara tetangga, Malaysia.

Seiring berjalannya waktu, Bubur Sumsum dibuat tidak lagi hanya berwarna putih saja. Beberapa resep menambahkan pewarna ke adonan tepung agar Bubur Sumsumnya terlihat semakin cantik dan bervariasi.

Saya sendiri baru mencoba Bubur Sumsum bulan lalu dan saya membuatnya lebih sederhana, praktis dan ekonomis serta lebih sehat karena hanya menggunakan air saja untuk adonannya. Yang ingin membuat versi gurih, resepnya cari di luar ya karena saya belum pernah mencobanya.

Semoga Bermanfaat. 😃


Sumber:
Wikipedia Indonesia "Bubur Sumsum"

Komentar

  1. bubur sumsum kuah gula merah kelihatan menggoda tuh mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih... Mba Monic bisa aja. Foto saya mah belum ada apa-apanya dibandingkan foto-foto di blog mba Monic. Jauuuuuhhhh banget bedanya dan saya masih harus banyak belajar sama mba Monic.

      Bubur Sumsumnya biasa saja, mba. Soalnya tidak pakai santan atau susu. Makanan murah meriah lah, mba. Hehehe...

      Hapus
    2. tapi bener mba itu kuah gula merah gelap gitu menggiurkan, secara di sini tuh jarang ada gula merah gelap begitu.. jadi lihat yang gelap jadi ngiler he he he

      Hapus
    3. Oh gitu, mba. Di sini malah ada yang lebih gelap warnanya. Tapi Mama seringnya beli yang begini warnanya.

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung dan membaca tulisan di Dapur Ima, semoga bermanfaat. Khusus bagi komentar yang tidak sesuai dengan topik, mohon maaf karena saya akan menghapusnya.

Paling Banyak Dibaca

7 Bentuk Spuit Kue dan Hasilnya

Manfaat Minum Entrasol QuickStart

Baking Powder dan Baking Soda