Minggu, 28 Mei 2017

Roti Bolu Pisang, Resep Tanpa Timbangan


Untuk memenuhi janji saya beberapa waktu lalu, kali ini saya akan menghadirkan resep roti bolu pisang tanpa timbangan. Resep tanpa timbangan ini adalah permintaan khusus salah seorang teman saya yang belum mempunyai timbangan. Setelah beberapa kali mencobanya, akhirnya saya mendapatkan takaran yang pas dan hasilnya sedikit berbeda dengan roti bolu yang biasa saya buat sebelumnya. Resep roti bolu pisang tanpa timbangan ini hasil kuenya lebih padat dan lebih terasa roti daripada resep-resep sebelumnya.

Teman-teman yang belum punya timbangan atau lagi malas timbang-menimbang bahan, sangat cocok nih dengan resep ini. Kita hanya butuh gelas volume 200 ml, sendok makan dan sendok teh untuk menakar bahan. Sangat mudah bukan? Iya dong! Tertarik untuk mencobanya? Berikut resepnya ya. Bila ingin rasa yang lebih dahsyat, airnya bisa diganti susu cair dan adonan bisa ditambah cokelat keping, keju, meses dan sebagainya.


Roti Bolu Pisang, Resep Tanpa Timbangan

Bahan:
1/2 gelas air
1 sendok teh rata gula pasir
1 sendok teh rata ragi instan

1 gelas pisang kepok yang telah dihaluskan
2 sendok makan munjung/penuh gula pasir (tambahkan gula bila suka manis)
1/4 sendok teh garam
1 sendok makan minyak
2 gelas terigu protein sedang

Margarin secukupnya untuk mengoles loyang

Adonannya sangat padat sehingga permukaan roti jadi tidak mulus,
tapi menurut saya jadi terlihat cantik, heheheh
Ini fotonya sore dan mendung, jadi gelap sekali.
Keesokan harinya, sudah tinggal beberapa potong saja. 😁

Cara Membuat:
  1. Siapkan loyang bundar diameter 19 cm dan olesi tipis dengan margarin. Sisihkan.
  2. Dalam sebuah gelas, larutkan gula dan air hangat kemudian tambahkan ragi dan aduk rata. Diamkan sampai ragi berbuih/berbusa selama 3 sampai 5 menit.
  3. Dalam wadah lain campur rata pisang, gula, garam dan minyak menggunakan sendok kayu atau sendok nasi.
  4. Tambahkan larutan ragi dan aduk rata.
  5. Tambahkan terigu dan aduk balik sampai tercampur rata.
  6. Masukkan adonan ke loyang yang telah disiapkan sebelumnya dan ratakan permukaannya. Setelah itu, tutup loyang dengan apa saja, saya pakai penutup panci dan diamkan adonan selama satu jam.
  7. Setelah satu jam, panggang adonan dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya selama 25 sampai 30 menit. Waktu memanggang disesuaikan dengan oven masing-masing ya. Saya pakai otang alias oven tangkring, saya panggang di rak tengah selama 15 - 20 menit kemudian saya pindahkan ke rak bagian bawah dan saya panggang lagi selama 10 menit.
  8. Setelah matang dan agak dingin, keluarkan roti bolu dari loyang. Setelah dingin, potong roti bolu sesuai selera.
  9. Roti bolu pisang siap dihidangkan.


Bagaimana teman-teman? Sangat mudah kan membuat roti bolu pisang ini? Semoga resep yang saya bagikan ini bermanfaat dan sesuai selera ya. Selamat mencoba...

Salam,
Dapur Ima

2 komentar:

  1. wah mantap ini kalau ga punya timbangan ya mba, tidak menghambat buat yang belum punya atau timbangan lagi rusak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mba. Mudah-mudahan yang tidak punya timbangan terbantu dengan resep ini. Mau pake cup, tapi tidak semua orang juga punya, jadi pake gelas saja.

      Hapus

Terimakasih banyak telah berkunjung dan membaca tulisan di Dapur Ima, semoga bermanfaat. Khusus bagi komentar yang tidak sesuai dengan topik, mohon maaf karena saya akan menghapusnya.