Golla Kambu Khas Mandar

Dari sekian banyak foto, yang layak publikasi hanya ini.
Mengapa sangat sulit untuk saya membuat foto yang cantik ya?
Benar-benar harus punya keahlian khusus deh kayaknya.

Hari ini saya mau berbagi informasi tentang salah satu makanan khas Mandar, yaitu Golla Kambu yang selama ini saya pikir terbuat dari gula aren padahal terbuat dari manisan khusus. Tapi kata Mama, Golla Kambu juga bisa dibuat dari gula aren, namun rasanya berbeda dengan Golla Kambu yang terbuat dari manisan.

Golla Kambu adalah salah satu kue tradisional Mandar yang terbuat dari beras ketan, manisan (nira dari pohon aren/enau yang dimasak sampai kental sebelum menjadi gula aren) dan kelapa parut setengah tua yang dimasak sampai matang kemudian dikemas dengan daun pisang kering. Rasanya sangat manis seperti makan gula, mungkin itu sebabnya kue ini diberi nama golla yang berarti gula. Meskipun tambahan kata kambu di belakangnya sampai saat ini belum saya ketahui apa artinya. Waduh? Orang Mandar bukan sih? Heheheh.

Golla Kambu juga merupakan salah satu oleh-oleh khas Mandar. Bila teman-teman pernah ke Sulawesi Barat, khususnya di Kabupaten Polewali Mandar, maka tak lengkap rasanya bila teman-teman belum mencicipi atau membawa pulang Golla Kambu ini.

Golla Kambu tersedia dengan beberapa pilihan rasa, yaitu rasa orisinal, rasa kacang dan rasa durian. Saya sendiri menyukai rasa orisinal dan rasa kacang karena tidak suka makan durian, heheheh.

Dulu waktu masih kerja di Soroako, setiap kembali ke sana setelah libur lebaran, saya selalu membawa pulang Golla Kambu. Saya merasa sangat senang karena teman-teman saya di Soroako sangat menyukainya terutama pak Mule. Duh, jadi kangen Soroako dan semua teman-teman di sana.

Demikian tulisan saya tentang Golla Kambu kali ini dan semoga bermanfaat.

Salam,
Dapur Ima

Komentar

  1. Kayaknya saya pengen yang rasa kacang deh. Berarti di dalamnya ada butiran kacang halus, Mbak Ima?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, mba Eva. Yang rasa kacang dicampur butiran kacang halus.

      Jalan-jalan ke Mandar, mba. Atau kirim alamat mba Eva aja. Nanti saya kirimkan Golla Kambu rasa kacang.

      Hapus
  2. Wah, Mbak Ima memang baik banget:) Makasih ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasa aja kok, mba. Tapi beneran lho mba Eva tawaran saya. InsyaAllah kalo ada rezeki saya kirimkan sedikit Golla Kambu Kacang.

      Hapus
  3. yang ini nih favorit walaupun belum pernah makan golla kambu, tapi sudah kebayang rasanya ha ha ha.. sok tahu ya..
    eh tapi pengen buat neh, cuma mood belum datang, tunggu resep mba Ima aja ha ha ha
    eh padahal sudah dikasih tahu ya cara buatnya hmmm dasar ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mba Monic.
      Emang favorit nih Golla Kambu.

      Tapi kalo nunggu Resepnya tayang di Dapur Ima, sepertinya kelamaan, mba. Saya aja belum tahu kapan bisa buat Golla Kambu ini, hihihih....

      Hapus
  4. Apa sama dengan Baje Menre, dek? Suka banget....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba/kak Yuyu.
      Kurang tahu juga, kak. Soalnya saya baru dengar juga tuh tentang Baje Menre. Setahu saya Baje di sini dibuat menggunakan santan bukan kelapa, kak.

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung dan membaca tulisan di Dapur Ima, semoga bermanfaat. Khusus bagi komentar yang tidak sesuai dengan topik, mohon maaf karena saya akan menghapusnya.

Paling Banyak Dibaca

7 Bentuk Spuit Kue dan Hasilnya

Manfaat Minum Entrasol QuickStart

Roti Maros dan Kenangan