Jumat, 19 Mei 2017

Roti Bolu Kacang Hijau

Harap maklum, piring dan gaya fotonya itu-itu lagi.
Piring di rumah adanya ya itu, kalau gaya foto, namanya juga masih belajar ya..., begitu deh hasilnya.
Cari alasan, heheheh....

Kemarin saya mencoba membuat kue dari kacang hijau. Awalnya mau buat bolu, tapi kalau bolu tanpa telur, biasanya menggunakan lemak (minyak/margarin/mentega) dalam jumlah yang agak banyak, kalau jumlah lemaknya sedikit rasanya amat sangat biasa saja, sementara saya maunya kue yang rendah lemak dengan rasa yang enak. Lalu saya berpikir untuk membuat roti bolu saja karena menurut saya membuat roti bolu sangatlah mudah, adonan tidak perlu diuleni atau dikocok, tapi hanya diaduk-aduk saja. Bahannya juga sangat sederhana, tanpa telur dan hanya menggunakan sedikit minyak, meskipun agak lama proses pembuatannya karena adonan harus melewati proses fermentasi dulu.

Resep ini saya modifikasi dari resep Roti Bolu Pisang, walaupun perbedaannya agak banyak. Saya sedang ingin membuat adonan biang tanpa gula meskipun saya tahu, reaksi raginya akan lebih lama dibandingkan yang menggunakan gula dan berhubung kacang hijau tidak manis seperti pisang, saya menggunakan gula yang agak banyak pada resep ini. Saya pun hanya membuat adonan sedikit saja untuk jaga-jaga dengan kemungkinan tidak berhasil alias gagal. Cuaca mendung membuat adonan yang saya buat tidak terlalu mengembang, sementara saya pun sudah tidak sabar ingin segera mencicipi kue ini sehingga waktu fermentasi tidak saya tambah.

Begitu adonan sudah menebarkan wangi semerbak tanda ia sudah matang, saya tidak melakukan tes tusuk karena tidak ingin permukaan kue ini jadi terluka dan tidak cantik lagi, uahahaha...., bahasanya lebay banget deh ih, hihihih. Tapi serius, rasanya sayang sekali bila saya harus menusuk kue ini dan meninggalkan bekas tusukan, toh saya juga sudah yakin seyakin yakinnya kue tersebut sudah matang, tang, tang, heheheh.

Beneran sudah matang kan?
Ya iyalah, warnanya aja udah begitu.
Dikit lagi malah gosong, heheheh

Dalam keadaan masih hangat, saya potong roti bolu kacang hijau ini lalu saya cicipi sepotong. Gigitan pertama, kok sepertinya manis sekali ya? Gigitan kedua, sepertinya kebanyakan tepung sehingga teksturnya padat dan keras di bagian pinggirnya. Gigitan ketiga, gak berasa ada kacang hijaunya. Tapi secara keseluruhan rasanya lumayan enak dan Mama menyukainya.

Saya lanjutkan untuk mengabadikan foto roti bolu ini sambil berpikir, hhmmmm..., sepertinya belum layak untuk dibagikan nih resepnya dan harus dicoba kembali. Tapi semalam ketika saya mencicipinya lagi, saya mendapatkan kejutan dari teksturnya yang sudah lebih lembut dibandingkan yang saya makan siang sebelumnya. Ditambah lagi saya mendengar kata enak dari tante-tante (sepupunya Mama) yang datang ke rumah dan disuguhkan kue ini. Bahkan beliau-beliau ini sedikit heran ketika Mama berkata kue itu ada kacang hijaunya, kata mereka "oh kacang hijau bisa dibuat kue begini ya?". Wah, sepertinya bisa dibagikan nih resepnya. Hhhmmm..., jadi semangat lagi untuk membagikan resepnya di sini.

Waduh, mohon maaf ya para pembaca yang budiman, pendahuluan kali ini kepanjangan. Kalau begitu saya langsung tulis resep roti bolu kacang hijau berikut ini ya.


Roti Bolu Kacang Hijau

Bahan:
100 ml air hangat
1 sdt ragi instan

200 g kacang hijau rebus (saya haluskan dengan sendok makan)
100 g gula pasir
1/4 sdt garam
1 sdm (15 ml) minyak
200 g terigu protein sedang

Margarin secukupnya untuk mengoles loyang

Cara Membuat:
  1. Siapkan loyang persegi ukuran 17 cm dan olesi tipis dengan margarin, sisihkan.
  2. Dalam sebuah gelas, larutkan ragi dengan air hangat dan diamkan sampai berbuih selama 5 sampai 10 menit.
  3. Dalam sebuah wadah lain campur kacang hijau yang telah dihaluskan dengan gula, garam dan minyak, lalu aduk rata dengan sendok kayu atau sendok nasi.
  4. Tambahkan larutan ragi dan aduk rata.
  5. Tambahkan terigu dan aduk rata.
  6. Tuang adonan ke dalam loyang yang telah disiapkan, ratakan permukaannya lalu tutup loyang dan diamkan selama satu jam.
  7. Setelah satu jam, panggang adonan dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya sampai matang sekitar 30 sampai 35 menit (waktu pemanggangan disesuaikan dengan oven masing-masing ya).
  8. Setelah matang dan agak dingin, keluarkan dari loyang dan potong sesuai selera.
  9. Roti bolu kacang hijau siap dihidangkan.

Roti bolu kacang hijau ini menurut saya masih mengandung lemak lebih banyak daripada roti bolu pisang karena jumlah bahannya secara keseluruhan lebih sedikit daripada roti bolu pisang tapi menggunakan jumlah lemak yang sama. Selain itu, roti bolu kacang hijau ini juga tidak berasa kacang hijaunya. Jadi lain kali ingin mencobanya kembali dengan jumlah kacang hijau yang lebih banyak, lalu saya bandingkan yang mana yang lebih enak, heheheh.


Bagi pembaca atau pengunjung yang sedang mencari resep kue tanpa telur, roti tanpa ulen, bolu tanpa kocok atau mixer, ataupun camilan rendah lemak (mengandung sedikit minyak dan lebih baik menggunakan minyak kelapa), saya rasa resep ini layak untuk dicoba.

Semoga bermanfaat dan sesuai selera.

Salam,
Dapur Ima

5 komentar:

  1. wah mantap, enak nih... nanti saya coba juga ha ha ha...
    enaknya tinggal nyontoh ya gini ini wakakkakkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mba. Lumayan buat menggoyang lidah, heheheh.
      Kalo mba Monic yang buat bisa tambah ini dan itu biar rasanya lebih dahsyat.

      Iya, mba. Wkwkwkwkwk....

      Hapus
    2. Oh iya, mba. Komentar mba yang satunya tidak bisa saya balas. Tulisan yang saya ketik tidak bisa terbaca padahal di sini bisa. Kok bisa gitu ya? Bingung sendiri deh.

      Hapus
    3. hmmm kenapa ya... ikutan bingung he he he

      Hapus
    4. Iya nih, mba. Saya coba berkali-kali tetap tidak bisa juga. Baru kali ini juga mengalami hal seperti itu, makanya jadi bingung.

      Hapus

Terimakasih banyak telah berkunjung dan membaca tulisan di Dapur Ima, semoga bermanfaat. Khusus bagi komentar yang tidak sesuai dengan topik, mohon maaf karena saya akan menghapusnya.