Roti Bolu Pisang Meises


Kemarin bikin Roti Bolu Pisang 5 rasa untuk disuguhkan kepada kerabat dan tetangga yang akan datang bantu-bantu acara 14 harinya bapak hari ini. Semuanya saya abadikan sih, tapi saya pilih yang rasanya paling enak untuk saya bagikan resepnya di Dapur Ima. Salah satunya Roti Bolu Pisang Meises.

Pendahuluannya gak usah panjang kali lebar hari ini, lagi kehabisan kata soalnya, heheheh. Kalau begitu kita langsung saja pada resepnya di bawah ini!

ROTI BOLU PISANG MEISES
Hasil modifikasi sendiri 😍


Bahan:
1 (15 g) sdm gula pasir
1 sdt ragi
250 ml air hangat
6 buah pisang susu @70 g
300 g terigu protein sedang
4 sdm (60 g) gula pasir
1/2 sdt garam
1 sdm (15 ml) minyak
100 g meises cokelat
Margarin secukupnya

Cara Membuat:
  1. Larutkan gula dengan air hangat dalam sebuah wadah lalu tambahkan ragi dan aduk rata kemudian sisihkan.
  2. Kupas pisang, haluskan dengan garpu atau bagian bawah gelas dan buang bijinya kalau ada.
  3. Tambahkan gula dan garam lalu aduk rata.
  4. Tuang larutan ragi ke campuran pisang dan aduk rata menggunakan whisk.
  5. Tambahkan terigu dan aduk rata.
  6. Tambahkan minyak, aduk rata.
  7. Tambahkan meises dan aduk sampai rata.
  8. Tuang adonan ke loyang cincin yang sudah diolesi margarin dan diamkan selama 1 jam.
  9. Panggang adonan dalam oven yang sudah dipanaskan sampai matang selama 40 - 50 menit (tergantung oven masing-masing, saya pakai otang).
  10. Setelah matang, keluarkan dari loyang dan potong sesuai selera (lebih baik rotinya dipotong dalam keadaan dingin).
  11. Roti Bolu Pisang Meises siap dihidangkan.

Roti bolunya dibuat malam-malam, sehingga hasilnya tidak seperti Roti Bolu Pisang Cokelat Keping tempo hari yang mengembangnya kebangetan karena saya diamkan sambil dijemur di bawah sinar matahari, heheheh.

Menurut saya fotonya juga kurang cantik, tapi rasanya enak banget lho dan tentu saja rasa tambah lagi. Jadi, yang mau bikin camilan rendah lemak tanpa telur dan tanpa mixer, ini adalah resep yang patut dicoba. 😍

O iya, bila ingin membuat Roti Bolu Pisang Cokelat Keping yang tempo hari tanpa resep, meisesnya diganti cokelat keping dan airnya bisa diganti susu cair. Pisangnya lebih baik dihaluskan manual, karena kalau dihaluskan dalam blender, pisangnya jadi tidak terasa. Ini menurut saya loh ya, tapi kalau ingin tekstur yang lebih halus, diblender lebih baik. 😊

Selamat mencoba ya!

Komentar

  1. wah suka deh lihat rotinya mengembang dan cantik begitu.. kayaknya enak nih mba, paduan pisang dan coklat memang top deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang ini kurang mengembang, mbak. Soalnya dibuat malam-malam.
      Iya, mbak. Pisang dan coklat itu pasangan yang cocok, heheheh

      Hapus
    2. kurang mengembang tapi kelihatannya mengembang mba, jadi kalau dibandingkan dengan roti pisang coklat keping, hmmm berarti yang pisang coklat keping memang kebangetan ya ngembangnya.. yang ini saja sudah mengembang cantik he he he

      Hapus
    3. Iya, mbak. Yang Roti pisang choco chips emang kebangetan mbak ngembangnya. Hahahaha.... Dijemur sih.

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung dan membaca tulisan di Dapur Ima, semoga bermanfaat. Khusus bagi komentar yang tidak sesuai dengan topik, mohon maaf karena saya akan menghapusnya.

Paling Banyak Dibaca

Manfaat Minum Entrasol QuickStart

7 Bentuk Spuit Kue dan Hasilnya