Pizza Milo Cokelat Keju


Beberapa hari ini (Sabtu, Minggu dan Senin) tidak ada pesanan Pizza. Itu artinya saya punya banyak waktu untuk mencoba membuat Pizza rasa baru lagi. Minggu kemarin saya dapat ide untuk membuat Pizza Milo. Tapi karena lagi malas ulen-mengulen, saya pun membuat adonan Pizza tanpa ulen dengan memodifikasi resepnya mbak Rosi Meidina. Ternyata kebanyakan air, sodara-sodara dan adonannya lengket banget di teflon meskipun telah dioles minyak sebelumnya, sehingga adonannya hancur tak berbentuk. Untungnya masih bisa dimakan dan semuanya saya yang menghabiskannya sendirian, heheheh.


Karena masih penasaran sama Pizza Milo ini, kemarin pagi saya membuatnya lagi dan masih tetap menggunakan resep Pizza mbak Rosi. Bedanya, saya beri tambahan milo dan mengurangi garamnya. Dan tadaaaa... Jadilah Pizza Milo Cokelat Keju ini. Alhamdulillah berhasil, sil..., sil..., uhhuyyy.

Yuk, kita langsung ke resepnya di bawah ini!

Pizza Milo Cokelat Keju


Bahan Pizza:
1 bungkus Milo original (isi 18 g)
1 sdt ragi instan
150 ml air hangat
250 g terigu protein sedang
1/4 sdt garam
1 sdm minyak

Bahan Topping:
1 bungkus Milo original
70 g keju, parut
Selai cokelat secukupnya (Selai Cokelat Praktis Ekonomis)


Cara Membuat:
  1. Campur milo dan air dalam sebuah gelas, aduk hingga rata kemudian tambahkan ragi dan aduk rata kembali. Diamkan larutan sampai bergelembung selama 5 - 10 menit.
  2. Campur terigu dan garam dalam wadah lain dan aduk rata.
  3. Tuang larutan ragi ke campuran terigu dan aduk rata.
  4. Tambahkan minyak dan uleni sampai adonan kalis selama 5 - 7 menit.
  5. Bulatkan adonan, tutup wadah dengan nampan atau kain dan diamkan selama 30 menit.
  6. Setelah 30 menit, bagi adonan dan bulatkan kembali. Saya membaginya menjadi 3 adonan dengan berat masing-masing 150 gr untuk 2 adonan dan 1 adonan lagi beratnya sekitar 100 gr lebih sedikit.
  7. Siapkan teflon diameter atas 22 cm dan olesi sedikit minyak.
  8. Ambil 1 adonan dan pipihkan di teflon hingga berbentuk bulat dan menutupi permukaan teflon. Setelah itu, tusuk-tusuk pinggiran adonan membentuk lingkaran untuk membuat batas olesan selai kemudian tusuk-tusuk bagian tengahnya sampai selesai.
  9. Panggang adonan dengan api yang sangat kecil selama 3 menit, lalu balik dan panggang kembali selama 90 detik ( adonan pertama saya panggang lagi 2 menit dan hasilnya kecokelatan di bagian pinggirnya seperti Pizza Cokelat Keju buatan perdana saya, sehingga waktu pemanggangannya saya kurangi 30 detik menjadi 90 detik saja).
  10. Lakukan hal yang sama untuk sisa adonan lainnya sampai selesai.
  11. Setelah Pizza dingin, olesi dengan selai cokelat dan taburi keju parut.
  12. Pizza Milo Cokelat Keju siap dihidangkan.

Saya membuat tiga jenis topping berbeda. Ada yang pakai selai cokelat dan keju, lalu ada yang pakai selai cokelat, keju, dan milo, dan yang terakhir pakai selai cokelat dan milo saja. Yang terakhir ini tidak saya foto karena keburu saya cicipi duluan, heheheh.

Oh iya, kali ini saya pakai Selai Cokelat Praktis Ekonomis dan menurut saya rasanya kurang nendang seperti Selai Cokelat Sehat Tanpa Lemak. Mungkin karena saya menggunakan meises yang sudah lama. Meskipun kadaluarsanya masih tahun depan, tapi rasanya tidak seenak meises yang baru dibeli. Warna selainya juga lebih muda dan rasanya tidak nyoklat. Jadi, saran saya gunakan Selai Cokelat Sehat Tanpa Lemak saja untuk hasil yang lebih lezzzaaaattt.


Demikian tulisan saya tentang Pizza Milo Cokelat Keju kali ini. Semoga bermanfaat dan sesuai selera, ya. Selamat mencoba! 😍

Komentar

  1. Waaahh...enak tu kyknya mba Ima. Toppingnya menggoda, euy!

    ~Rini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak Rini, uueennnaaakk pake banget. 😍

      Hapus
  2. ngiler2...bener mba Rini, kayakanya enak ya pizza milonya

    hayo mba Ima, kirim2 ke batam ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasa tambah lagi, mbak.
      Aihhh... Mbak Monic kan bisa bikin sendiri dan so pasti lebih enak dari buatanku. Cobain deh, mbak, Sophie pasti suka. :)

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung dan membaca tulisan di Dapur Ima, semoga bermanfaat. Khusus bagi komentar yang tidak sesuai dengan topik, mohon maaf karena saya akan menghapusnya.

Paling Banyak Dibaca

Manfaat Minum Entrasol QuickStart

7 Bentuk Spuit Kue dan Hasilnya

Baking Powder dan Baking Soda