Roti Manis Teflon


Kemarin bikin roti manis teflon lagi. Jumat lalu udah bikin juga, tapi gak sempat jeprat-jepret. Akhirnya bikin lagi biar bisa berbagi resepnya di Dapur Ima.

Saya mulai berani bikin roti-rotian pake susu cair karena saat saya baca info gizinya, total lemaknya hanya berkisar 2 sampai 3 gram per kemasan. Kebetulan tiap bulan dibeliin susu Ultra Cokelat juga sama kak Adil. Nah, karena susu itu tidak pernah saya minum, akhirnya jadi banyak persediaan susu di dapur. Daripada semakin banyak, ya udah saya buat roti aja susunya.

Berikut resep Roti Manis Teflon dari saya ya...

ROTI MANIS TEFLON
Hasil modifikasi resep Pizza mbak Rosi Meidina


Bahan:
1 sdt ragi instan
150 ml susu cair hangat rasa cokelat (Susu Ultra)
250 g terigu protein sedang
2 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
1 sdm minyak

Cara Membuat:
  1. Campur ragi dengan susu cair hangat dalam sebuah gelas dan aduk rata sampai ragi larut. Diamkan sampai berbuih sekitar 5 menit.
  2. Campur terigu, gula dan garam dalam wadah lain dan aduk rata.
  3. Tuang larutan ragi ke campuran terigu dan aduk rata.
  4. Tambahkan minyak dan uleni sampai kalis.
  5. Bulatkan adonan, tutup wadah dengan nampan atau penutup panci dan diamkan selama 30 menit.
  6. Setelah 30 menit, bagi adonan sebanyak 9 bagian atau sesuai selera dan bulatkan kembali lalu diamkan selama 5 menit.
  7. Ambil adonan dan tata di teflon. Tutup teflon dan panggang adonan dengan api paling kecil selama 5 menit.
  8. Balik adonan dan tutup kembali kemudian panggang lagi selama 5 menit.
  9. Lakukan hingga adonan habis.
  10. Roti Manis Teflon a la Dapur Ima, siap dihidangkan.

Roti ini sebagian saya lubangi seperti donat sehingga ada sisa bulatan adonan yang kecil-kecil. Rasanya enak, tidak jauh berbeda dengan Roti Teflon Isi Cokelat yang pernah saya buat sebelumnya. Hhmmmm....., jadi ketagihan ngeroti deh, heheheh.


Oh iya, tampilan rotinya sedikit gosong ya karena yang bikin emang sukanya yang gosong-gosong, disesuaikan dengan warna kulit gitu loh, hahahaha. Yang tidak suka gosong-gosong, waktu panggangnya dikurangi aja. OK?

Satu lagi, namanya memang Roti manis, tapi bagi pencinta manis, roti ini seperti roti tawar, heheheh. Jadi, bagi teman-teman pencinta manis, takaran gulanya ditambahin ya!

Semoga bermanfaat ya, teman-teman.
Selamat mencoba! 😍


Komentar

  1. roti telfon memang praktis ya mba.. wuih sudah lama ga buat roti teflon..
    enak juga kayaknya roti teflon coklatnya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mba Monic. Praktis banget. Makanya suka bikin roti teflon. Ayo, mbak. Bikin lagi! 😍

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung dan membaca tulisan di Dapur Ima, semoga bermanfaat. Khusus bagi komentar yang tidak sesuai dengan topik, mohon maaf karena saya akan menghapusnya.

Paling Banyak Dibaca

7 Bentuk Spuit Kue dan Hasilnya

Baking Powder dan Baking Soda

Manfaat Minum Entrasol QuickStart