Cokelat

Ada yang suka cokelat di sini? Kalau saya suka banget tuh sampai-sampai kulit ini pun menjadi cokelat gara-gara keseringan makan cokelat, heheheh, bercanda.

Nah, hari ini saya akan berbagi informasi seputar cokelat. Semoga menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi kita semua.


Cokelat adalah sebutan untuk hasil olahan makanan atau minuman yang berasal dari biji kakao. Cokelat pertama kali dikonsumsi oleh penduduk Mesoamerika kuno sebagai minuman, walaupun dipercaya bahwa dahulu cokelat hanya bisa dikonsumsi oleh para bangsawan.

Cokelat dihasilkan dari kakao (Theobroma cacao) yang diperkirakan mula-mula tumbuh di daerah Amazon Utara sampai ke Amerika Tengah. Dokumentasi paling awal tentang cokelat ditemukan pada penggunaannya di sebuah situs pengolahan cokelat di Puerto Escondido, Honduras sekitar 1100-1400 tahun SM.

Jenis-jenis cokelat ada berbagai macam, tapi yang akan saya bagikan di sini adalah jenis-jenis cokelat yang biasa kita gunakan untuk membuat aneka kue.

1. Cokelat Bubuk


Cokelat bubuk merupakan salah satu bahan dasar dalam pembuatan aneka kue cokelat, seperti Brownies, Puding Cokelat dan lainnya.

Selama mengenal dunia kue, saya baru menggunakan 4 jenis cokelat bubuk, yaitu cokelat kiloan, Windmolen, Van Houten dan Bendico. Dari semua jenis cokelat bubuk tersebut saya lebih suka memakai Bendico karena harganya lebih murah, warnanya pekat dan rasanya pahit-pahit enak.

2. Cokelat Butir


Cokelat butir atau meises/meses adalah bahan makanan yang biasa digunakan untuk menghias kue kering maupun kue basah dan biasa juga dicampur langsung ke dalam adonan kue.

Saya sudah mencoba 3 jenis meises, yaitu meises kiloan, Safari dan Ceres. Menurut saya yang paling enak itu Ceres, apalagi yang classic, tapi harganya itu lho, ya ampun, mihill alias mahal banget. Ya sudah, pilih Safari aja, heheheh.

3. Cokelat Keping


Cokelat keping juga digunakan untuk tambahan atau hiasan kue. Saya baru menggunakan 2 jenis Cokelat Keping, yaitu cokelat keping kiloan dan cokelat keping dari L'AGIE. Cokelat keping ini adalah cokelat yang tahan panas, sehingga bentuknya tidak berubah meskipun sudah dipanaskan.

4. Cokelat Batang


Cokelat ini biasa digunakan untuk membuat aneka kue, topping, dan sebagainya. Cokelat ini terbagi menjadi tiga jenis lagi, yaitu cokelat hitam (sedikit pahit), cokelat dengan tambahan susu dan warnanya lebih muda, dan terakhir cokelat putih.

Demikian sekilas info tentang Cokelat, bila menginginkan informasi lebih lengkap, silakan kunjungi Wikipedia atau situs-situs lainnya.

Semoga Bermanfaat. 😍

Sumber:
Wikipedia Indonesia "Cokelat"

Komentar

Paling Banyak Dibaca

Manfaat Minum Entrasol QuickStart

7 Bentuk Spuit Kue dan Hasilnya

Baking Powder dan Baking Soda