Setup Pisang 4 Bahan Saja


Lagi banyak stok pisang raja di rumah. Mau bikin kolak tanpa santan, tapi harus mencairkan gula merahnya terlebih dulu. Mau bikin dadar pisang, prosesnya makan waktu cukup lama. Hhhmmm...., baiknya bikin apa ya? Lagi pengen bikin olahan pisang yang bikinnya praktis dengan bahan seadanya di rumah.

Aha..., saya pun teringat dengan Setup Pisang, sepertinya sangat mudah membuatnya. Tahun lalu saya pernah melihat resepnya di blog favorit saya, Monic's Simply Kitchen.

Saya lalu berkunjung ke blog mba Monic dan membaca resep setup pisang di sana. Resep dari mba Monic menggunakan kayu manis, cengkeh dan air jeruk nipis, sementara di rumah, ketiga bahan tersebut tidak ada. Jadi gimana dong? Masa iya harus batal bikin setup pisang?

Akhirnya saya memutuskan untuk tetap membuat setup pisang menggunakan 4 bahan saja. Soal rasa, di belakang persoalan, yang penting bisa dimakan,  hehehe. Lain kali, saya bisa membuatnya lagi dengan bahan yang lebih komplit.

Jujur, saya baru tahu ada makanan bernama setup pisang. Saat membaca judul tersebut di blognya mba Monic, saya pikir makanan apa ini ya? Eh, ternyata setelah saya baca resepnya, oh..., ternyata mirip kolak pisang toh? Bedanya setup pisang ada rempah-rempahnya.

Karena penasaran, saya lalu mencari tahu tentang setup pisang dengan bantuan Google. Sayangnya, saya tidak berhasil menemukan asal-usul setup ini, entah karena memang belum ada yang menulisnya atau karena saya yang belum menemukan artikelnya.

Saya kemudian mencari arti setup di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Menurut KBBI, setup adalah buah-buahan dan sebagainya yang dimasak dengan cara dikukus atau direbus dan dibubuhi gula. Oh..., begitu toh? Pantesan ada banyak resep setup. Ada setup pisang, setup rambutan, setup nangka dan lainnya.

Pencarian tentang setup belum berakhir di KBBI. Saya masih terus mencari sampai akhirnya bertemu dengan kolak pisang bening di Wikibuku. Menurut Wikibuku, kolak pisang bening (setup pisang) adalah makanan yang terbuat dari potongan pisang, kolang kaling, cengkeh, kayu manis, vanili, gula dan sedikit garam.

Itulah sedikit cerita tentang setup dan saya. Sekarang kita lanjut saja pada resep setup pisang asal-asalan a la saya. Silakan berkunjung ke Monic's Simply Kitchen untuk melihat resep yang lebih komplit. Terimakasih banyak buat mba Monic atas resepnya.

Setup Pisang
Hasil adaptasi resep Setup Pisang Monic's Simply Kitchen

Bahan:
3 buah pisang raja yang sudah matang
6 sdm (90 gr) gula pasir atau sesuai selera
500 ml air
Sejumput garam


Cara Membuat:
  1. Kupas pisang dan potong melintang atau sesuai selera.
  2. Dalam sebuah panci, campur air, gula dan garam lalu masak sampai air mendidih dan gula larut.
  3. Cicipi rasanya, bila terlalu manis tambahkan sedikit air, sedangkan bila kurang manis, tambahkan sedikit gula.
  4. Masukkan potongan pisang dan masak kembali hingga airnya mendidih atau kurang lebih selama satu menit. Matikan kompor.
  5. Tuang setup pisang ke dalam wadah dan setup pisang siap disajikan hangat.
  6. Masukkan ke kulkas atau tambahkan es batu bila ingin disajikan dingin.
Ada satu hal yang saya lupakan ketika membuat setup pisang ini. Saya lupa mencicipi rasanya sebelum menambahkan pisang sehingga hasilnya terlalu manis menurut saya. Akhirnya saya hanya makan pisangnya saja dan airnya saya sisakan.

Wah, ternyata setup pisang yang bahannya hanya pisang, air, gula dan garam ini rasanya enak juga. Walaupun dari segi tampilan amat sangat biasa saja, ditambah lagi fotonya asal jepret tanpa tambahan ini itu. Duh, jadi malu sendiri melihat foto hasil jepretan saya yang tidak layak publikasi ini. Tapi mau bagaimana lagi? Yang sangat biasa begini saja, butuh waktu dan perjuangan untuk mengabadikannya. Ternyata susah ya jadi fotografer itu? Tapi saya harus tetap belajar dan terus belajar hingga suatu saat bisa menghasilkan foto yang cantik dan berkualitas.

Demikian tulisan saya kali ini tentang setup pisang, semoga bermanfaat.

Sumber:
KBBI - Setup
Wikibuku - Kolak Pisang Bening


Salam,
Dapur Ima 🙏😍

Komentar

  1. ternyata enak juga ya setup itu, hmmm apalagi kalau ditambah cengkeh n kayumanis, sedap he he he..

    jadi lupa dicicip ya mba, kemanisan deh..

    iya benar mba, susah jadi fotografer itu, untung hanya fotogafer makanan ya, kalau ga puas kita motonya gpp juga, makanannya ga protes, coba fotografer buat wedding atau prewed, bisa mabok kita diprotes ha ha ha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mba Monic, enak ternyata. Lain kali mau coba setup pisang komplit seperti buatannya mba Monic, pasti lebih enak.

      Iya, mba. Kupikir udah pas, ternyata manis sekali. Mungkin karena tanpa tambahan kayu manis, cengkeh dan air jeruk, mba. Jadi manis banget.

      Wkwkwk..., iya, mbak. Mungkin kalo makanannya bisa bicara, dia pasti bilang tidak mau difoto oleh saya, hahahaha

      Hapus
  2. Latihan terus mba...ntar jg lama2 bagus deh hasil fotonya.

    RINI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mba Rini. Ini sementara terus berlatih dan memperbanyak bacaan tentang fotografi.

      Aamiin. Makasih mba Rini atas perhatian dan motivasinya.

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung dan membaca tulisan di Dapur Ima, semoga bermanfaat. Khusus bagi komentar yang tidak sesuai dengan topik, mohon maaf karena saya akan menghapusnya.

Paling Banyak Dibaca

7 Bentuk Spuit Kue dan Hasilnya

Manfaat Minum Entrasol QuickStart

Roti Maros dan Kenangan