GERAM! Isi Blog Dapur Ima Dijiplak Sejak 25 Januari 2017

Terimakasih Tuhan, hari ini Engkau memampukan saya untuk bisa kembali menulis di Dapur Ima setelah beberapa hari ini Engkau beri nikmat sakit.


Karena masih sakit dan belum bisa banyak bergerak, kemarin alhamdulillah saya mulai bisa berselancar di dunia maya agak lama. Sebelumnya hanya online subuh atau pagi-pagi saja, itupun hanya sebentar karena kepala saya belum bisa diajak kompromi.

Ketika berselancar kemarin, saya iseng ingin mengetahui apakah resep Bolu Pisang Cokelat Tanpa Telur yang saya bagikan bulan lalu sudah terdeteksi di pencarian Google. Jadi saya ketiklah judul tersebut di pencarian Google dan muncullah banyak resep yang terkait tapi tidak ada yang sama judulnya dengan judul resep yang saya ketik.

Saya lalu melanjutkan pencarian di halaman berikutnya dan saya bertemu dengan kata kunci yang sama tapi anehnya kok bukan dari blog saya ya? Padahal judulnya sama persis. Perasaan tempo hari waktu saya cari resep bolu pisang, tidak ada tuh resep yang judulnya sama persis dengan judul resep yang saya bagikan.

Karena penasaran, saya pun membuka blog bernama Dapur mewah (dapurmewah.blogspot.com) tersebut dan betapa terkejutnya saya melihat isinya yang ternyata adalah resep dari blog saya, Dapur Ima. Saya telusuri hingga bagian akhir tulisan dan saya semakin kecewa karena tidak ada sumber yang dituliskan ataupun link menuju blog saya, link yang ada semua kembali kepada blog tersebut.

Saya sudah sering membaca kejadian seperti ini di blog terkenal, seperti JTT dan Monic's Simply Kitchen. Membaca artikel yang isinya tentang pencurian konten blog saja, saya ikutan marah dan jengkel. Apalagi bila itu terjadi kepada saya sendiri. Ya Allah, mampukan hamba mengendalikan emosi ini.


Tindakan yang saya lakukan ini mungkin salah. Harusnya saya menghubungi admin blog tersebut terlebih dahulu. Tapi, menurut pengalaman yang saya baca, biasanya pihak blog bersangkutan tidak bisa dihubungi atau tidak memberikan respon. Ya sudah, saya langsung bagikan di sini saja supaya semua orang tahu.

Kepada Anda yang mengaku bernama Wo Aso, sadarkah Anda bila tindakan Anda ini salah? Blog Anda yang baru Anda buat 24 atau 25 Januari 2017 itu, Anda buat dengan tujuan apa? Mengapa resep yang Anda ambil di Cookpad dan beberapa situs lain Anda berikan link sumbernya sedangkan ke blog saya tidak? Mengapa juga Anda membuat kesan seolah-olah saya yang menjiplak isi blog Anda dengan menuliskan tanggal post lebih cepat satu hari daripada saya? Bila Anda mencari keuntungan dengan merugikan orang lain seperti ini, cepat atau lambat, usaha Anda tidak akan bertahan lama. Tuhan Maha Melihat dan Maha Segalanya yang tak akan tinggal diam melihat kejadian ini.

Saya tidak tahu harus menuliskan apalagi, saya kehabisan kata-kata dan tidak bisa berpikir tenang. Bila ternyata tulisan ini ada lagi di Dapur mewah, itu namanya TERLALU!

Komentar

  1. Yang sabar ya say...semua pasti ada hikmahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, say.
      Makasih ya udah mampir dan meninggalkan jejak.
      Makasih juga perhatiannya.
      Sukses slalu ya...

      Hapus
  2. Mgkn dia buat blog utk kumpulan resep beberapa sumber mba. Klo dia mencantumkan sumbernya gpp kan mba. Kecuali dia ambil foto dan resep trus dia tulis namanya. Itu sih menurut saya.

    Oiya mba...makasih bnyk dah nawarin paket ke aq. Aq jd terharu sm kebaikan mba Ima dan mba Monic. Tp gk usah aja mba.

    RINI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mba Rini. Sama-sama. Mba Rini pasti tidak mau merepotkan padahal saya sama sekali tidak merasa direpotkan. Setuju kan, mba Monic?

      Hapus
  3. memang terlalu mba orang begini, baca kasus begini makin geram deh... susah kalau mentalnya sudah mental pencuri begitu

    he eh mba bener, konten mba Ima banyak di sana, dicopy plek dan memang ngebut adminnya..gila ya lihat postingannya hasil copas semua, satu bulan postingannya ratusan begitu

    mba Ima coba perlahan laporkan ke google dmca, kalau yang begini ini kasusnya duplikat konten, bahaya buat blog kita sebagai pemilik konten original

    ini saya aja sebenarnya kesal juga mba, blog resephariini mencuri resep saya, baru 3 sih yang saya tahu, tapi tuh dengan 3 itu aja blognya masuk di halaman pertama google, duh kesal sekali

    nanti rencana saya mau laporkan juga

    mba Ima tahu tidak kalau artikel populer di blog saya itu sudah satu tahun ini merosot loh pageviewnya.. setelah saya selidiki ya itu dicopas oleh orang lain, nah jadinya semakin hari semakin sedikit yang berkunjung ke blog saya dengan kata kunci tersebut... duh susah sekali rasanya mau bersaing lagi

    admin blog begini biasanya sudah tidak bisa ditegur mba, jalan terbaik ya laporkan saja mba

    tetap semangat dan tetap tersenyum...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hah? Konten blog mba Monic dicuri lagi? Kirain udah pada kapok, mba. Soalnya mba Monic kan biasanya langsung lapor tuh ke Google DMCA.
      Memang gak ada kapoknya ya mereka-mereka itu? Semakin bikin geram aja.

      Iya, mba. Mereka mengambil keuntungan banyak tuh dari konten blog, mba Monic. Kita yang capek-capek menulis, eh..., dengan santainya mereka langsung copas aja. Gimana gak kesal coba?

      Makasih ya, mba Monic.
      Tetap semangat dan tersenyum juga.

      Hapus
  4. Klo baca keterangan mba Monic ternyata pendapat aq salah total. Maklum bukan foodie blogger....hahaaa

    RINI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mba Rini.
      Saya aja gak kepikiran blog saya mau digituin karena isinya amat sangat biasa saja. Tapi ya gitu, mereka asal comot saja sani-sini. Saya juga melihat ada resep mba Endang JTT di sana. Entahlah kalo mba Endang sudah tahu atau belum.

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung dan membaca tulisan di Dapur Ima, semoga bermanfaat. Khusus bagi komentar yang tidak sesuai dengan topik, mohon maaf karena saya akan menghapusnya.

Paling Banyak Dikunjungi

7 Bentuk Spuit Kue dan Hasilnya

Kue Milo Praktis