Dampo' Pisang Panggang Praktis

Masih posting tentang pisang ya, teman-teman. Semoga saja tidak bosan, hehehe. Soalnya di rumah bulan ini kebanjiran pisang hasil kebun saudaranya Mama. Pisang yang sebelumnya belum habis, eh datang lagi pisang berikutnya. Padahal biasanya juga beli, tapi bulan ini dapat hadiah pisang melulu. 😃😀😄

Dampo' Pisang yang di belah dua 😃
Karena pisangnya banyak dan keburu matang semua, Mama lalu membuatnya menjadi Dampo'. Dampo' Pisang adalah pisang yang dikeringkan. Kalau cuaca lagi cerah ceria, biasanya butuh waktu dua hari saja untuk mengeringkan pisang. Cara membuat Dampo' Pisang sangatlah mudah. Bila punya pisang kepok atau pisang raja matang dan tidak tahu mau dibuat apa, coba deh dibuat Dampo'. Tinggal kupas pisang, belah menjadi dua atau biarkan utuh, lalu susun pada wadah atau nampan bambu, kemudian dikeringkan. Kalau sudah kering, pisangnya jadi awet dan tahan selama sebulan. Jadi bila ingin makan Dampo', tinggal dimasak sesuai selera. Bisa digoreng, dikukus maupun dipanggang.

Kali ini saya memilih untuk memanggang si Dampo' Pisang. Belum pernah liat sih orang memanggangnya, biasanya selalu digoreng. Tapi karena belum bisa makan gorengan, saya pun berpikir untuk memanggangnya.

Dampo' Pisang utuh (pisang tidak dibagi dua) 😃

Berikut bahan dan proses pembuatannya.

Dampo' Pisang Panggang
Hasil modifikasi sendiri 😃

Bahan:
Secukupnya Dampo' Pisang (pisang yang sudah dikeringkan)

Cara Membuat:
Panggang pisang di wajan anti lengket, saya menggunakan panjepangang seperti biasa. Soalnya kalau wajan anti lengket keseringan dipakai untuk memanggang tanpa olesan minyak/margarin, lapisan teflon bisa cepat rusak. Panggang kedua sisinya sebentar saja, tapi karena saya suka yang sedikit gosong, saya pun memanggangnya sampai sedikit gosong. Lakukan proses ini sampai semua pisang selesai dipanggang. Dampo' Pisang Panggang siap disajikan.

Sangat mudah bukan membuat makanan sehat ini? Tidak perlu bahan ini itu dan waktu yang lama untuk membuatnya. Tapi, ada tapi nya nih. Dampo' Pisang Panggang ini alot dan sedikit keras, butuh kerja keras gigi saya ini untuk mengunyahnya, hehehe. Jadi, buat teman-teman yang giginya sudah banyak berlubang atau ompong seperti saya, makannya jangan banyak-banyak, ya! 😀😀😀

Semoga Bermanfaat. 😃

Komentar

Paling Banyak Dibaca

Manfaat Minum Entrasol QuickStart

7 Bentuk Spuit Kue dan Hasilnya

Baking Powder dan Baking Soda