Tempe Masak Belimbing Sayur


Syukur alhamdulillah, akhirnya bisa buka blog dan menulis lagi. Sejak Jumat kemarin jaringan tidak pernah bersahabat padahal ada beberapa tulisan yang ingin saya bagikan di Dapur Ima. Cie.., cie..., yang lagi punya stok tulisan, jadi bertanduk beberapa hari kemarin gegara jaringan. Sabar, bu...! Heheheh

Kamis lalu, saya mencoba masak-memasak di dapur. Yah, meskipun gerak badan masih sangat terbatas, seperti biasa, saya mulai malas dan bosan berbaring terus sepanjang hari tanpa melakukan apa-apa sehingga hari itu saya minta dibelikan tempe untuk saya masak sendiri.


Waktu tinggal di Manding tempo hari, di sana saya pernah makan Bau Peapi Buriang (ikan masak belimbing) yang dimasak tanpa menggunakan tambahan minyak dan ternyata rasanya enak. Nah, saya pun jadi penasaran, seperti apa ya rasanya bila ikannya diganti dengan tempe? Apakah akan seenak ikan atau tidak?

Tempe masak belimbing sayur hasil percobaan pertama saya ternyata rasanya tidak begitu mengecewakan. Saya suka kuahnya yang segar meskipun tempenya masih terasa hambar. Ahaaa..., dapat menu makanan sehat lagi nih dan harus saya bagikan di Dapur Ima walaupun rasanya masih kurang nendang.

Adakah yang seperti saya yang lagi pantang makanan berlemak dan bingung mencari menu makanan tanpa lemak? Mungkin resep ini bisa dicoba di rumah. Berikut resep praktisnya.

Tempe Masak Belimbing Sayur



Bahan:
1 bungkus tempe
10 buah belimbing sayur
5-7 butir bawang merah
1/2 sendok teh kunyit
500 ml air
Garam sesuai selera
Cabe rawit sesuai selera, haluskan

Cara Membuat:
  1. Potong-potong tempe memanjang atau sesuai selera
  2. Iris tipis belimbing dan bawang merah
  3. Siapkan panci, masukkan semua bahan ke dalamnya lalu aduk rata kemudian masak sampai matang
  4. Tempe sehat tanpa lemak siap dihidangkan. Belimbingnya segerrr.


Bagaimana, teman-teman? Sangat mudah bukan membuat makanan sehat yang satu ini? Ya meskipun rasanya tidak seenak dan sesedap dengan tempe goreng, opor tempe, gulai tempe, sambal tempe dan beberapa olahan tempe lainnya, tapi masakan ini layak dicoba khususnya bagi Anda dan teman-teman yang lagi mengurangi makanan berlemak. Semoga bermanfaat.

Salam,
Dapur Ima

Komentar

  1. Seger keliatannya mba....

    Ohh...pantesan mba Ima gk muncul2, ternyata gangguan jaringan toh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mba Rini. Kuahnya segerrr banget, saya jadiin pengganti sayur malah. Heheheh

      He eh, mba. Beberapa hari kemarin jaringan kurang bersahabat, jadi gak muncul-muncul.

      Hapus
  2. Mlm2 di rs gini, liat tempenya mba Ima jadi buat perut keroncongan he he he, nikmatnya mkn pk nasi..nyam2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mba. Kalau lagi jaga malam gitu biasanya memang jadi lapar walaupun sudah makan. Jadi ingat waktu dulu pernah jagain Ibu juga di RS. Trus, waktu saya yang dirawat di RS juga sering lapar tengah malam dan minta dibuatin air madu.

      Yang semangat ya, mba.
      Semoga Ibunya mba Monic lekas sembuh dan mba Monic tidak begadang lagi. Aamiin

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung dan membaca tulisan di Dapur Ima, semoga bermanfaat. Khusus bagi komentar yang tidak sesuai dengan topik, mohon maaf karena saya akan menghapusnya.

Paling Banyak Dibaca

Baking Powder dan Baking Soda