Cara Melipat Kantong Plastik Bekas


Selamat datang bulan Agustus....
Semoga semua pembaca Dapur Ima sehat dan bahagia selalu. Buat mba Monic, mba Rini dan mba Iin, saya ucapkan banyak terimakasih atas doa dan perhatiannya selama ini. Sehat dan bahagia selalu buat mba-mba tersayang.

Beberapa saat yang lalu, saya melihat ada banyak, tiga doang sih sebenarnya, heheheh...., kantong plastik bekas yang masih layak pakai di atas meja. Lalu saya mengambil dan melipatnya. Selesai melipat satu kantong plastik, saya teringat sesuatu. Ahaaa..., ini kan bisa dibagikan di blog. Akhirnya, saya membuka kembali kantong plastik yang sudah saya lipat sebelumnya lalu jeprat-jepret langkah-langkah melipat kantong plastik bekas menjadi bentuk segitiga.


Saya tahu cara melipat kantong plastik bekas menjadi bentuk segitiga ini sejak tahun 2010 lalu ketika saya berada di Soroako. Cara ini diajarkan oleh sahabat saya mbakyu Fitri Nurjanti. Terimakasih mbakyu atas ilmunya. Saya bagikan kembali ya di sini supaya lebih banyak yang tahu. Padahal nih ya, memang sudah ada tulisan serta video tentang cara melipat seperti ini, tapi tak apa-apa kan bila saya membagikannya juga. Hitung-hitung bisa menambah tulisan di Dapur Ima juga, heheheh.

Okeh, berikut langkah-langkahnya. Tadi tanpa sengaja, fotonya terhapus satu. 😦

Pertama, rapikan kantong plastik bekas seperti gambar
Kedua, lipat kantong plastik jadi dua kemudian lipat sekali lagi.
Yang satu fotonya terhapus tapi bisa dilihat kan contohnya di bawah (sebelum dilipat segitiga)

Ketiga, lipat ujung plastik bagian bawah membentuk segitiga,
kemudian lipat lagi hingga mencapai pegangan kantong plastik.
Sisakan bagian pegangan kantong plastik kemudian lipat sambil diselipkan ke bagian kantong plastik yang terbuka

Jadi deh kantong plastik bentuk segitiga 😃

Semoga saja teman-teman bisa memahami bahasa yang saya gunakan atau setidaknya gambar yang saya tampilkan bisa mewakili penjelasan saya yang amburadul. Heheheh.

Demikian yang dapat saya bagikan tentang cara melipat kantong plastik bekas kali ini dan semoga bermanfaat.

Salam,
Dapur Ima

Komentar

  1. sama-sama mba Ima...doa terbaik buat mba Ima

    wah, dulu juga saya diajari teman melipat kantong plastik seperti ini, hanya bertahan sebentar saja, setelah itu remas-remas saja ha ha ha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya malah gak suka, mba, kalo liat kantong plastik diremas-remas aja.
      Tapi memang melipat kantong plastik bekas seperti ini butuh waktu juga, apalagi kalo kantongnya ada banyak.

      Hapus
  2. Kalau belanja, terkadang saya menolak diberi kantong plastik oleh penjualnya, supaya kantong plastik di rumah nggak menumpuk. Kalau dilipat-lipat begitu jadi lebih rapi ya, mbak. Nggak makan tempat. Kemarin-kemarin saya juga sempat berpikir "jangan-jangan mbak Ima lagi sakit" Eh ternyata betul. Syukur sekarang sudah sembuh. Semoga Mbak Ima selalu sehat, dijauhkan dari segala penyakit. Amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga gitu, mba. Apalagi kalau sudah punya kantong plastik satu, jadi saya satukan di situ aja.

      Iya, mba Eva. Jadi lebih rapi dan nggak makan tempat.

      Saya masih sakit, mba. Tapi sudah bisa Online dan jalan-jalan. Bosan juga kalau harus tiduran melulu.
      Makasih doanya mba Eva. Sehat selalu juga buat mba Eva.

      Hapus
  3. Makasih infonya mba Ima... di rumah bnyk bgt kantong plastik. Jd irit tempat deh klo gini....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mba Rini, kembali kasih. Senang sekali bila tulisan ini bermanfaat.

      Iya, mba, jadi irit tempat tapi harus sengaja meluangkan waktu untuk melipatnya, apalagi kalau kantong plastiknya banyak.

      Hapus
  4. Aku jg pernah liat teman melipat bgni tp dlu males nanyain carax.. skrg d rmh kantong plastik bejibun..makasi ya share ilmux��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mba. Senang sekali bila info ini bermanfaat.

      Wah, kantong plastik di rumah teh Ninit bejibun ya? Berarti butuh waktu dan kesabaran tuh mba untuk melipatnya satu-satu.
      Semangat. 💪💪💪

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung dan membaca tulisan di Dapur Ima, semoga bermanfaat. Khusus bagi komentar yang tidak sesuai dengan topik, mohon maaf karena saya akan menghapusnya.

Paling Banyak Dibaca

7 Bentuk Spuit Kue dan Hasilnya

Manfaat Minum Entrasol QuickStart

Roti Maros dan Kenangan