Brownies KTCK

Brownies KTCK? Apalagi tuh? KTCK adalah singkatan dari kacang tanah cokelat keping. Saya suka menyebut chocolate chips dengan memakai bahasa Indonesia supaya terdengar Indonesia banget, heheheh.

Hahaha, pakai tatakan cangkir lagi. Gak modal amat sih?
Yeeee, suka-suka dong, heheheh.

Setiap kali membuat Bolu Cokelat Jadi Brownies, saya selalu memodifikasi resep hasil modifikasi saya tersebut. Kadang saya tambahkan kacang tanah, kacang kenari, kacang mede, keju, kuning telur, atau jumlah cokelat bubuknya saya tambah dengan mengurangi jumlah terigu agar hasilnya sesuai dengan selera saya. Semua bahan yang saya tambahkan selalu suka-suka, tanpa ditimbang atau ditakar, dan hasilnya bisa dibilang selalu berhasil. Yang saya anggap gagal waktu itu hanya Brownies yang saya tambah cokelat bubuk kebanyakan sehingga hasilnya malah jadi pahit, heheheh.

Berhubung habis menjelajahi resep Browniesnya mba Endang di www.justtryandtaste.com, saya lalu ingin menambahkan cokelat keping ke dalam adonan Brownies yang akan saya buat kali ini karena saya belum pernah mencobanya. Siapa tahu kali ini saya berhasil membuat kerak yang berkilau alias shiny crust, karena biasanya cuma bisa buat kerak yang pudar. :)

Ini hasilnya pas baru mateng. Saya lupa pesan, loyangnya jangan ditaburi terigu setelah diberi olesan mentega. Sehingga hasil Browniesnya kurang cantik karena ada putih-putih di pinggirnya.
Keraknya berkilau sih, tapi karena warnanya terlalu cokelat jadi tidak kelihatan deh.

Brownies yang saya buat kali ini juga sedikit berbeda dari cara pembuatannya. Kalau resep sebelumnya pakai mixer, kali ini bisa dikocok manual pakai whisk atau mungkin bisa juga hanya diaduk-aduk saja menggunakan spatula atau garpu karena saya menggunakan gula bubuk yang masih banyak di rumah. Lain kali saya akan mencobanya supaya tahu hasilnya seperti apa, lalu akan saya bagikan di sini.

Saya membuat 1/2 resep saja karena ingin hasil yang lebih tipis dan tidak memakan waktu lama. Semua bahan diresep Brownies yang pertama kali saya tulis, semuanya langsung dibagi dua kecuali terigu dan cokelat. Jumlah terigu ditambah cokelat kan 270 gram. Nah, diresep ini saya tambahkan jumlah cokelat menjadi 70 gram dan mengurangi jumlah terigu menjadi 200 gram, kemudian saya bagi dua. Dan kali ini saya tambahkan kacang tanah (kebetulan masih punya banyak yang sudah disangrai) dan cokelat keping ke dalam adonannya.

Lain kali mau coba pakai cokelat bubuk Van Houten deh biar keraknya terlihat beda warna dengan kue bagian dalamnya

Memangnya sudah kuat nih buat kue? Belum sih, tapi kan bisa minta tolong dibuatkan. Tinggal berikan resepnya saja dan kalau kuenya sudah matang, tinggal berjuang sedikit untuk mengambil fotonya, heheheh.

Berikut bahan dan cara pembuatannya.

Brownies KTCK
Hasil modifikasi sendiri. :)

Bahan:
3 butir telur
175 g gula pasir (blender sampai halus)
100 g tepung terigu serbaguna yang telah diayak
35 g cokelat bubuk
125 ml minyak
100 g kacang tanah sangrai, cincang kasar
100 g cokelat keping


Cara Membuat:
  1. Siapkan loyang persegi 18 cm dan olesi dengan margarin, sisihkan.
  2. Campur cokelat bubuk dengan minyak sampai rata, sisihkan.
  3. Kocok telur dan gula halus sampai gula larut menggunakan whisk.
  4. Tuang campuran cokelat dan minyak, aduk rata.
  5. Masukkan terigu secara bertahap, aduk balik dengan spatula sampai rata.
  6. Tambahkan kacang tanah dan cokelat keping, aduk rata.
  7. Tuang adonan ke loyang, lalu panggang dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya sampai matang.
  8. Keluarkan dari oven, dinginkan, lalu dipotong-potong.

Brownies yang ini sangat enak, padat, lembap, dan nendaaang cokelatnya. Masih kurang dikiiiit aja, seperti Puding yang kemarin. Apa? Yup, benar sekali, masih kurang rasa garam, tapi bukan jadi asin loh ya, heheheh.

Terima kasih buat adik saya (tepatnya adik ipar) yang telah bersedia saya repotkan untuk membuatkan Brownies yang uuueeenak banget ini. Benar-benar rasa tambah lagi, sampai saya lupa sudah menghabiskan berapa potong, maklum pencinta Brownies. Adik ipar saya juga bilang begitu, katanya mau lagi dan lagi. Tapi kata suaminya alias adik saya, kacangnya bikin sakit gigi, heheheh. Silakan dicoba dan buktikan sendiri rasa enaknya. ^_^

Selamat Mencoba. :)

Komentar

Paling Banyak Dibaca

7 Bentuk Spuit Kue dan Hasilnya

Baking Powder dan Baking Soda

Manfaat Minum Entrasol QuickStart