Memasak

Memasak adalah kegiatan menyiapkan makanan untuk dimakan dengan cara memanaskan bahan makanan agar bahan makanan tersebut bisa dikonsumsi. Memasak secara umum adalah persiapan dan proses memilih, mengatur kuantitas dan mencampur bahan makanan dengan urutan tertentu dengan tujuan untuk mendapatkan hasil yang dinginkan.

Memanggang Penja Pais di atas kompor menggunakan salah satu alat pemanggangan tradisional Mandar yang disebut "panjepangang".

Ada beberapa metode atau teknik yang biasa digunakan dalam memasak. Berikut penjelasannya:
  1. Menggoreng, yaitu mengolah makanan dengan cara memasukkan bahan makanan ke dalam minyak panas. Namun beberapa makanan juga bisa digoreng dalam minyak yang dingin terlebih dahulu kemudian dipanaskan.
  2. Merebus, yaitu mengolah bahan makanan dengan merendam bahan atau makanan ke dalam air panas atau dalam air dingin yang dimasak sampai mendidih.
  3. Mengukus, yaitu memasak makanan menggunakan uap air dengan menggunakan alat seperti kukusan, dandang, panci, dan lain-lain.
  4. Menumis, yaitu memasak dengan menggunakan sedikit minyak dan bisa ditambah sedikit cairan sehingga masakan menjadi berkuah atau basah.
  5. Membakar, yaitu memasak secara langsung di atas bara api. Teknik ini juga biasa disebut memanggang.
  6. Memanggang, yaitu memasak makanan menggunakan alat pemanggang seperti oven, alat pemanggang tradisional (seperti foto di atas) dan lainnya.
  7. Menyangrai, yaitu memasak di wajan tanpa air maupun minyak goreng, tetapi bahan makanan langsung menyentuh wajan. Ada juga yang menggunakan media pasir atau tepung untuk menyangrai.
  8. Pengasapan, yaitu memasak dengan cara makanan diasapi dengan panas dan asap yang dihasilkan dari pembakaran kayu (di tempat saya biasa menggunakan sabut kelapa) dan makanan tidak diletakkan dekat dengan api agar tidak terpanggang atau terbakar.
  9. Double boiler atau biasa disebut bain-marie, yaitu memasak menggunakan panci yang ditumpuk menjadi satu, panci bagian bawah berisi air mendidih sementara adonan dimasak di panci bagian atas. Teknik memasak seperti ini, di Indonesia lebih sering  disebut dengan tim.

Sumber:
Memasak: Wikipedia bahasa Indonesia
Double boiler/bain-marie: justtryandtaste.com

Semoga Bermanfaat. :)

Komentar

Paling Banyak Dibaca

7 Bentuk Spuit Kue dan Hasilnya

Baking Powder dan Baking Soda

Manfaat Minum Entrasol QuickStart