Kue Kering Milo

Dari tadi pagi mencoba mencari sumber kue kering ini di Cookpad, Facebook dan di tempat lain tapi gak ketemu. Banyak yang judulnya sama tapi komposisi dan cara membuatnya berbeda. Aduuuhhh, tempo hari ambilnya di mana ya? Nanti deh, saya coba cari lagi. Yang pasti, resep ini bukan punya saya. Tapi, foto yang saya bagikan memang foto hasil jepretan saya menggunakan HP Evercoss A74A.


Saya suka resep ini karena tidak menggunakan telur serta tidak perlu dikocok seperti kue kering Putri Salju yang pernah saya bagikan sebelumnya. Semua bahan tinggal dicampur jadi satu lalu diaduk sampai rata. Bila Putri Salju renyah dan lembut, kue Milo ini lebih garing, gurih dan manis.

Nah, bagi teman-teman yang belum pernah membuat kue kering sebelumnya, tidak perlu khawatir kue ini akan gagal. Ngak percaya? Coba deh! InsyaAllah berhasil.

Sekedar informasi, kue kering ini menduduki posisi jawara untuk pesanan kue kering jualan saya Ramadan kemarin, kemudian disusul oleh Putri Salju, heheheh. O iya, bentuk kuenya saya modifikasi. Aslinya berbentuk bundar, ditekan satu kali dengan garpu lalu diberi cokelat keping di tengahnya.

Berikut bahan dan cara pembuatannya. :)

Kue Kering Milo
Resep asli tidak berhasil saya temukan. :(

Bahan:
200 g margarin
100 g gula pasir halus
3 bungkus Milo (isi 18 g/bungkus)
250 g tepung terigu protein rendah yang telah diayak
20 g maizena
-/+ 40 g cokelat keping untuk hiasan

Cara Membuat:
  1. Campur semua bahan dalam mangkuk besar, aduk adonan menggunakan sendok kayu kemudian lanjutkan mengaduk dengan tangan sampai adonan tercampur rata atau tidak menempel di tangan.
  2. Ambil sedikit adonan, bulatkan seperti bola-bola kecil lalu susun di loyang tanpa dioles margarin, atur jaraknya karena ketika dipanggang akan melebar. Tekan bola adonan dengan garpu secara vertikal dan horisontal atau sesuai selera lalu hiasi dengan cokelat keping.
  3. Panggang kue di dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu sampai matang. Saya pakai otang alias oven tangkring, jadi saya panaskan dahulu selama 5 menit.

Kalau teman-teman mau buat yang bentuknya seperti di atas (Milo Beruang), adonan yang sudah dibulatkan, dipipihkan sedikit lalu diberi cokelat butir/meises untuk mata, sereal Koko Krunch untuk telinga dan cokelat keping untuk hidungnya. Mudah kan?

O iya satu lagi. Adonan ini kurang baik dibentuk beruang karena melebar saat dipanggang. Pengalaman saya membuat bentuk kue lucu-lucu seperti di atas, saat kuenya setengah matang, saya keluarkan loyang lalu menekan telinga beruang yang menjauh dari tempat sebelumnya. Teman-teman bisa melihat gambarnya di atas. Saat belum dipanggang, imut dan lucu. Setelah dipanggang jadi buruk rupa, hehehe. Mungkin adonannya akan lebih baik bila didiamkan dulu di kulkas dalam keadaan terbungkus plastik. Tapi saya belum pernah mencobanya.

Selamat Mencoba. :)

Komentar

Paling Banyak Dibaca

Baking Powder dan Baking Soda