3 Macam Olahan Pisang Khas Mandar


Pisang adalah salah satu buah yang sangat sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Ada pisang kepok (Loka Manurung), pisang raja (Loka Balambang), pisang Ambon (Loka Tira'), Pisang Mas (Loka-loka) dan masih banyak jenis pisang lainnya.

Provinsi Sulawesi Barat, tepatnya di Kabupaten Polewali Mandar adalah salah satu Kabupaten yang memiliki banyak kebun pisang dan kelapa. Itu sebabnya banyak makanan Mandar yang dibuat menggunakan salah satu atau gabungan dari kedua bahan tersebut.

Loka Sari 👌

Sebut saja beberapa olahan pisang yang sudah sangat populer, yaitu kolak pisang, pisang goreng, pisang ijo, pisang epe' dan pisang peppe'. Juga olahan pisang yang sangat populer pada zaman dulu di Mandar dan mulai populer lagi di zaman sekarang, yaitu Loka Sari, Loka Sattai dan Loka Anjoroi (Loka Lambu').

Loka Sari adalah pisang yang direbus bersama air santan, gula pasir dan sedikit garam. Sementara Loka Sattai adalah pisang rebus yang diberi santan dan Loka Anjoroi adalah pisang rebus yang ditumbuk bersama kelapa setengah tua.

Loka Sattai 👌

Apakah di daerah teman-teman juga ada olahan pisang seperti ini? Kalau iya, tolong beri tahu saya namanya ya? Siapa tahu saya salah mengatakan bahwa ketiga olahan pisang tersebut berasal dari Mandar.

Oh iya. Saya ingin mengucapkan terimakasih kepada Mas Aris Armunanto yang telah menginspirasi saya membuat tulisan tentang aneka macam olahan pisang ini. Untung sudah pernah saya terbitkan di sini, jadi tinggal copas fotonya saja. Saya juga berterima kasih karena Mas Aris sudah sering berkunjung dan berkomentar di Dapur Ima.

Loka Anjoroi/Loka Lambu' 👌

Demikian tulisan saya hari ini, InsyaAllah resepnya menyusul kalau saya sudah bisa masak-masak lagi.

Salam,
Dapur Ima

Komentar

  1. wehhh unik unik..paling spesial yang mana nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Iezel. Maaf ya, saya tidak pernah komen di blog Iezel, soalnya pakai komentar Facebook.

      Saya suka semuanya karena semuanya enak.

      Hapus
  2. Saya malah bingung mau ngomong apa mbak Imah sampai nama saya tertulis di artikel ini....
    Saya yg seharusnya berterimakasih. Mbak Imah telah menjawab pertanyaan saya lewat artikel yg sangat menarik ini. Dan artikel2 sebelumnya yg juga saya suka. Banyak pengetahuan baru seputar dapur yg saya dapatkan dari "Dapur Ima".
    Terus berkarya mbak Imah. Sukses selalu.

    *tak baca lagi artikel ini pelan2 baru bisa komen ttg olahan pisang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu mah sudah biasa, Mas Aris. Saya memang biasanya mencantumkan nama orang yang telah menginspirasi saya untuk membuat sebuah tulisan sebagai ungkapan terimakasih.

      Aamiin buat doanya. Doa yang sama buat Mas Aris.

      Silakan...

      Hapus
  3. Loka bahasa Mandar utk pisang ya mbak Imah?

    Sama, kami di Jawa juga biasa pakai Loka Manurung n Loka Balambang utk aneka olahan pisang.

    Loka Sari, kami menyebutnya Kolak Pisang. Saya suka sekali. Enak juga dicampur dgn kolang-kaling.

    Kalo Loka Sattai n Loka Anjorio malah baru tau ini. Rasanya kayak apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mas Aris. Loka itu Pisang.

      Di sini, kolak itu menggunakan gula merah dan tidak dicampur apapun. Kolak pisang ya pisang saja, kolak ubi ya ubi saja.

      Aduh! Gimana ya menggambarkan rasanya? Enak deh pokoknya, hehehe.

      Hapus
  4. lama gak mampir ke dapur, menikmati hidangan spesial :)

    BalasHapus
  5. Itu Loka Sari, Loka Sattai dan Loka Anjoroi kasih resep dong biar gampang dicontek 😉

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti ya, mbak, kalau sudah kuat masak-masak.

      Hapus
  6. Loka anjoroi saya belum pernah liat tuh, apalagi makan. kalau yang di rebus sama santan dan gula itu mirip kolak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minta dibikinkan sama Kumendan, Mas Andi. Gampang kok. Pisang raja yang udah mengkal direbus, trus setelah masak ditumbuk dengan campuran kelapa setengah tua dengan sedikit garam. Jadi deh. Hehehe

      Loka Sari di Jawa mungkin disebut kolak, Mas. Kalau di sini kolak itu pakai gula merah.

      Hapus
  7. Loka sari dan loka sattai belum pernah coba dan baru tau :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mas Riza, salam kenal dan terimakasih atas kunjungannya.

      Iya, Mas Riza. Makanan ini memang belum populer. Padahal enak loh.

      Hapus
  8. Pisang itu sebenarnya memang makanan sehat dan bermanfaat. Tarzan Waktu kecilnya makan pisang Dan Hasilnya jadi kuat dan sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Mas Sofyan dan terimakasih banyak atas kunjungannya.

      Berarti Mas Sofyan ini sehat dan kuat seperti Tarzan ya?

      Hapus
  9. Kok gak ada loka goreng kak, enak juga loh dimakan loka goreng di udara dingin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pisang goreng itu bukan makanan khas Mandar, meskipun orang Mandar menikmatinya dengan cara yang berbeda.

      Hapus
  10. Baru kemarin siang saya kongkow-kongkow sambil mendengarkan cerita seorang pensiunan pelaut yang cerita tentang Mandar. Ex-pelaut itu cerita kalau kelapa dan pisang asli Mandar rasanya enak banget. Eh, tiba-tiba nemu blog tentang makanan khas Mandar, yang isinya olahan pisang dan kelapa. Jadi pengin nyobain semua makanan ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mbak Dyah, salam kenal dan terimakasih banyak atas kunjungannya.

      Hehehe...
      Ayo, Mbak. Jalan-jalan ke Sulbar biar bisa menikmati ini semua.

      Hapus
  11. Olahannya belum pernah makan mba yang begini... eh tapi kayaknya loka sari pernah makan, kolak pisang putih..
    tapi enak semua kayaknya, olahan pisang memang tiada matinya dan penggemar pisang tentu saja suka..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, Mbak. Olahan pisang tidak ada matinya. Hidup PISANG!

      Hapus
  12. pisang adalah salah satu makanan kesukaan.
    weunaaak…..

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung dan membaca tulisan di Dapur Ima, semoga bermanfaat. Khusus bagi komentar yang tidak sesuai dengan topik, mohon maaf karena saya akan menghapusnya.

Paling Banyak Dibaca

7 Bentuk Spuit Kue dan Hasilnya

Manfaat Minum Entrasol QuickStart

Ubi Rebus Keju